get app
inews
Aa Read Next : Memasuki Musim Kemarau, Ratusan Petani Anggota Federasi HIPPA Bersihkan Saluran Irigasi

Alishter Berikan Edukasi Penggunaan Pestisida Terbatas Ke Ratusan Petani Bondowoso

Rabu, 14 Agustus 2024 | 12:09 WIB
header img
Kegiatan Training of User Oleh Alishter Kepada Para Petani Bondowoso

Bondowoso, INewsBondowoso -  Guna meningkatkan wawasan dalam penggunaan pestisida,  Aliansi Stewardship Herbisida Terbatas (Alishter) menggelar pelatihan kepada sejumlah petani di Bondowoso.

Kegiatan training of user ini digelar di Hotel Dreamland Bondowoso. Selain para petani, Alishter juga menggandeng Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP), serta Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso.

Tujuan utama kegiatan ini yaitu mengajak para petani untuk lebih bijak dalam penggunaan pestisida di lahan pertanian mereka.


Total ada 100 petani beserta PPL yang dilibatkan, khususnya mereka yang menggunakan paraquat atau herbisida.


Selama ini petani kurang mengetahui  bahaya penggunaan pestisida yang berlebihan dan tidak sesuai dengan petunjuk penggunaannya, sehingga membahayakan diri dan lingkungan.

Untuk diketahui, pestisida yang digunakan secara tidak benar  bisa mengganggu kesehatan petani, antara lain keracunan sistem pernafasan, iritasi pada mata dan kulit.


"Tujuan utama kami adalah bagaimana petani lebih efektif menggunakan pestisida dan sesuai prosedur,” ucap Bagus Fajar, Perwakilan Alishter.

Para petani yang mengikuti pelatihan ini mengaku senang karena mendapat pengetahuan tentang penggunaan pestisida sesuai prosedur.

"Training ini sangat bermanfaat sekali bagi kami sebagai petani. Biasanya botol bekas pestisida dibuang begitu saja ternyata itu berbahaya untuk lingkungan," ungkap Ismanto, Petani.


Sementara itu  Sekretaris DPKP Bondowoso, Yuli Indrawati mengapresiasi kegiatan ini.

Selain menambah wawasan petani, hal ini juga berdampak baik pada kelangsungan lahan pertanian di Bondowoso.

Edukasi seperti ini sangat penting dan membantu pemerintah daerah. Apalagi mayoritas petani belum memperhatikan keselamatan dalam bertani. Seperti tidak menggunakan sarung tangan dan penutup wajah.


"Saya berharap pelatihan tidak hanya sekali ini saja, namun bisa terus memberikan edukasi ke petani agar tidak sembarangan menggunakan pestisida. Selain keamanan untuk diri, petani juga ikut menjaga lingkungan demi kelangsungan pertanian ke depan," pungkasnya. 

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut