get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Warga Gelar Aksi Dukung Palestina dan Bakar Bendera Israel

Berkenalan dengan Hagia Sophia, Katedral yang Menjadi Masjid di Istanbul Turki

Kamis, 20 Oktober 2022 | 10:22 WIB
header img
Bangunan megah Hugo Sophi yang berada di Istanbul Turki beraling fungsi. Foto: Dok SINDOnews

Pada saat kota ini jatuh di tangan Utsmaniyyah, semua simbol yang berkaitan dengan Kristen ortodoks ditutup karena dijadikan sebagai masjid. 

Namun saat fungsinya berubah menjadi museum, baik pernak-pernik ortodoks maupun gaya islami tidak dihilangkan, justru menjadi daya tarik tersendiri dari bangunan ini.

3 Hal Menarik di Dalam Haghia Shopia

1. Dibangun oleh kekaisaran Romawi

Hagia Sophia ini dibangun pada masa kerajaan Bizantium di Romawi. Pangeran Konstatinus memerintahkan untuk membangun katedral sebagai tempat ibadah hampir 900 ribu rakyat Kristen ortodoks di sana.

Sebelum menjadi Istanbul, namanya adalah konstatinopel. Nama ini dinisbatkan pada nama ayah pangeran Konstatinus, yaitu Konstatinus yang ke 1.

2. Berkali-kali terbakar

Bangunan Hagia Sophia, sebelum menjadi museum dan masjid adalah sebuah gereja. Bangunannya terbuat dari kayu. Pada tahun 404 M, ketika banyak terjadi pemberontakan terhadap Bizantium, bangunan megah ini terbakar habis, baru kemudian direnovasi ulang tahun 415 M.

Sayangnya, satu abad setelah itu, bangunan ini kembali terbakar ketika ada pemberontakan Nika. Justinianus memerintahkan pembongkaran Hagia Sophia pada 532 dan menugaskan arsitek terkenal Isidoros (Milet) dan Anthemios (Tralles) untuk membangun basilika baru.

Hagia Sophia kembali direnovasi dan selesai pada 537 M dan menjadi bangunan megah hingga sekarang. Hanya saja mengalami beberapa perombakan dikarenakan alih fungsi bangunan, mulai dari menjadi museum, hingga masjid seperti sekarang ini.

Editor : Taufik Hidayat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut