get app
inews
Aa Read Next : Bondowoso Borong Penghargaan dari Kementerian Kesehatan

Penderita Penyakit Gula Darah Wajib Waspadai 5 Obat Ini, Ketahui Sebelum Terlambat

Minggu, 09 Oktober 2022 | 20:25 WIB
header img
Bagi pemilik penyakit diabetes menjadi suatu hal yang rawan bila mengonsumsi obat yang sembarangan karena akan memperparah penyakit gula darah.

Obat-Obatan yang Bisa Meningkatkan Kadar Gula Darah

Sesuai yang terlampir pada laman everyday health, berikut ini beberapa obat-obatan yang bisa meningkatkan kadar gula darah:

1. Kortikosteroid

Jenis obat pertama adalah kortikosteroid, yakni obat penurun peradangan yang dapat digunakan untuk beberapa penyakit seperti cedera sendi, asma, alergi, dan radang sendi.

Apabila kortikosteroid dioleskan pada luar kulit maka tidak akan memberikan efek ke kadar gula darah sebab tidak memasuki aliran darah. Namun apabila kortikosteroid diminum ataupun disuntikkan langsung ke aliran darah maka akan secara signifikan meningkatkan glukosa darah.

2. Statin

Jenis obat statin biasanya digunakan sebagai obat yang mengatasi kolesterol LDL serta menjadi obat terapi pada penyakit jantung dan juga stroke.

Namun mengonsumsi statin dengan jumlah atau kadar yang lebih banyak dapat menjadi pemicu gula darah tinggi, untuk yang memiliki riwayat keturunan penyakit diabetes maka memiliki risiko terkena penyakit diabetes sebebar 30 persen bila mengonsumsi obat statin.

Akan tetapi menurut para ahli bahwa efek statin tidak lebih parah dibandingkan manfaat dari statin karena tidak ada obat alternatif lain untuk mengatasi penyakif jantung dan juga stroke.

Editor : Taufik Hidayat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut