get app
inews
Aa Read Next : Bondowoso Borong Penghargaan dari Kementerian Kesehatan

Inilah Penyebab Gagal Ginjal Akut Pada Anak dan Faktor Risiko yang Bisa Alami Kematian

Jum'at, 21 Oktober 2022 | 18:02 WIB
header img
Gagal ginjal akut pada anak harus diwaspadai, kenali penyebab dan risiko penyakit yang dikaitan dengan penggunaan obat sirup tersebut. Foto: Istimewa

BONDOWOSO, iNewsBondowoso.id – Kasus gagal ginjal pada anak yang mengalami peningkatan dengan sangat drastis beberapa waktu belakangan ini membuat heboh sejumlah kalangan masyarakat.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan bahwa telah ada 99 anak yang meninggal karena kasus gagal ginjal akut

Oleh karena itu sangat diharapkan untuk orang tua mengawasi dan mewaspadai kemungkinan yang ada agar anak tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Peningkatan kasus gagal ginjal pada anak ini dihubungkan dengan penggunaan paracetamol sirup pada anak sehingga hal ini juga sempat menjadi sorotan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin merilis bahwa terdapat 3 zat berbahaya yang terkandung pada pracetamol sirup yang bisa membahayakan ginjal. 

Ketiga zat berbahaya yang dianggap menjadi pemicu penyakit ginjal antara lain etilen glikol, dietilen glikol, dan juga eliten glikol butil etel.

Ketika zat ini seharusnya tidak ada pada obat sirup karena berbahaya, jikalaupun harus ada maka dengan kadar yang sangat rendah.

Lantas apa itu penyakit gagal ginjal? Gagal ginjal akut adalah gangguan ginjal dimana seseorang akan langsung kehilangan kemampuan menghilangkan kelebihan garam, cairan, serta juga limbah pada darah.

Padahal ketiga proses ini adalah inti dari fungsi utama ginjal, apabila ginjal kehilangan kemampuan dalam penyaringannya maka akan membuat cairan tubuh naik ke tingkatan yang berbahaya.

Editor : Taufik Hidayat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut