get app
inews
Aa Read Next : Pj Bupati dan Kapolres Bondowoso Lakukan Pengecekan Sumber Mata Air yang Diduga Tercemar Geothermal

Jalur  Kawasan Gunung Ijen Longsor, Akses Utama Bondowoso - Banyuwangi Lumpuh

Jum'at, 15 Maret 2024 | 09:52 WIB
header img
Proses Pembersihan Material Longsor di Kawasan Ijen Gunakan Alat Berat

Bondowoso, iNewsBondowoso -  Bencana tanah longsor terjadi di jalur wisata Kawah Ijen  Bondowoso pada Jumat Dinihari. Akses utama  sempat lumpuh total lantaran panjang material longsoran menutup jalan sepanjang 30 Meter.

Inilah video amatir yang direkam warga sesaat setelah terjadi bencana tanah longsor di Kawasan Ijen tepatnya di Blok Malabar Petak 83H Desa Sempol Kecamatan Ijen Bondowoso.

Longsor membuat jalan tertutup total sepanjang 30 Meter oleh material tanah, batu, dan pohon. Diduga longsor terjadi akibat tingginya curah hujan mengguyur kawasan tersebut. Beruntung saat kejadian tidak ada pengendara yang melintas.

Pasca kejadian, petugas gabungan BPBD Kabupaten, TNI- Polri dan TRC  pariwisata bergotong-royong membersihkan tumpukan material di jalan raya.

Secara berangsur jalan sudah mulai bersih dan bisa dilalui oleh kendaraan roda 2 serta diberlakukan sistem buka tutup untuk roda 4. Alat berat didatangkan agar pembersihan lebih cepat selesai


"Lokasi longsor  sekitar 2 Km dari Pos Malabar dan menutup akses jalan utama," ucap Serda. Yuli Rudianto, Anggota TNI, Babinsa Kecamatan Ijen.

Kepada wisatawan atau warga yang melintas di jalur ini untuk tetap waspada dan dihimbau untuk tidak melintas jika kondisi cuaca hujan berintensitas tinggi. 

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut