Logo Network
Network

Anak Kecanduan Game, Bisa Jadi Akibat Fatherless !!

Riski Amirul
.
Senin, 13 November 2023 | 19:15 WIB
Anak Kecanduan Game, Bisa Jadi Akibat Fatherless !!
Foto : Ilustrasi

Bondowoso, iNewsBondowoso -  Semakin terus berkembang tekhnologi banyak hal yang perlu terus dipelajari khususnya bagi orang tua. Segala macam hal semakin mudah diakses oleh siapapun dan dimanapun selama tersedia jaringan internet.

Di sini orang tua perlu pendampingan intens terhadap anak-anak selama menggunakan gadget maupun komputer dengan tujuan meminimalisir hal negatif yang nantinya terekam oleh anak.

Elly Risma Psikolog mengatakan, anak yang kecanduan game bisa karena akibat fatherless atau kekurangan peran sosok ayah. Hal ini disampaikan pada acara membahas tentang pola asuh anak.

Untuk mensiasati anak yang kecanduan game sangat diperlukan peran ayah. Ayah bisa melakulan pendekatan, berdiskusi serta memberikan nasihat terhadap anak khusus tentang hal baik dan buruk dari apa yang telah dilakukan dan disukai oleh anak.

Menurut Elly Risma banyak keluarga yang belum paham dengan pentingnya peran ayah untuk keseharian anak. Peran ini sulit jika dilakukan oleh ibu, sebab pendekatan oleh ayah terhadap anak baik secara komunikasi dan agama jauh lebih efektif.

Ayah bisa mengajarkan pada anak hal yang boleh dan harus dihindari selama menggunakan gadget atau komputer seperti contoh mampu menjaga pandangan dari hal buruk.

Ayah diharapkan memilik waktu yang cukup bersama anak untuk bermain dan berkomunikasi seperti ngobrol tentang berbagai hal mulai dari hal sederhana hingga yang berhubungan dengan agama.

Selain itu, komunikasi dan komitmen antara ayah dan ibu juga harus terus dibenahi agar kerja sama dalam mengasuh anak dapat terlaksana dengan baik.

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News

Bagikan Artikel Ini
Tag :
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.