get app
inews
Aa Read Next : Miris !! Seorang Bocah Derita Luka Bakar Parah di Kaki Setahun Lamanya

Bahaya! Orang Tua Harus Lakukan Ini Saat Memuji Anak

Rabu, 08 November 2023 | 18:37 WIB
header img
Foto : Ilustrasi

Bondowoso, iNewsBondowoso - Anak merupakan anugerah bagi setiap orang tua, sehingga kehadirannya mampu memberikan warna kebahagian di tengah-tengah keluarga. Anak yang tumbuh sehat dan pandai, tentu menjadi harapan bagi setiap orang tua.

 

Tidak jarang anak yang dalam tahap belajar melakukan hal-hal yang menggemaskan bahkan membuat orang dewasa takjub sehingga mudah bagi setiap orang tua mengapresiasi dengan memberikan pujian atas pencapaian yang telah dilalukan si anak. 

 

Dalam hal ini, orang tua perlu mengetahui bagaimana cara memberikan pujian yang tepat untuk anak. Sebab jika asal memberikan pujian dan berlebihan dampaknya anak bukan termotivasi, namun justru dapat menjatuhkannya di masa depan dengan terbentuk karakter yang tidak baik.

 

Dikutip dari akun instagramnya dr.Zara Vhida Zhubika Dokter Medis sekaligus Konselor Parenting dan Pernikahan menyampaikan tentang seni memuji anak dengan sentuhan Tauhid. Disebutkan ada 4 point penting yang harus diingat dan diterapkan oleh orang dewasa atau orang tua.

 

4 point yang harus digunakan yaitu:

 

1. Kalimat Tayyibah yaitu ucapkan

MasyaAllah atau Alhamdulillah dalam memuji anak.

 

2. Kalimat pujian diarahkan pada PROSES BUKAN HASIL yang dicapai oleh anak.

 

3. Kalimat Tauhid yang mengajarkan bahwa semua pencapaian terjadi atas pertolongan Allah dan bukan semata karena usaha kita. Intinya selalu ada Allah yang membantu dan memudahkan.

 

4. Terakhir yaitu Validasi atau tanyakan perasaan anak dengan kalimat tanya bertujuan agar kedepannya anak melakukan usaha bukan karena haus pujian tapi memang karena keinginan dari hati. 

 

Jadi memuji anak bukan tidak diperbolehkan tapi pujilah anak dengan cara efektif agar tidak terbentuk karakter anak yang haus pujian dan sombong atau riya'.

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut