get app
inews
Aa Read Next : Dugaan Korupsi Dana Desa, Mantan Kades Binakal Ditahan Kejaksaan Negeri Bondowoso

Cegah Stunting, Penyuluh KB Berikan Edukasi ke Calon Pengantin di Pelosok Desa

Selasa, 31 Oktober 2023 | 13:54 WIB
header img
Petugas Penyuluh KB Saat Memberikan Edukasi Kepada Calon Pengantin

Bondowoso, iNewsBondowoso -   Beragam cara dilakukan untuk mengatasi stunting. Di Kabupaten Bondowoso, petugas penyuluh KB mendatangi Calon Pengantin (Catin) ke pelosok desa untuk memberikan pendampingan langsung pencegahan stunting.

Inilah Penang sebuah Desa yang berada di Kecamatan Botolinggo. Untuk sampai ke desa ini membutuhkan waktu selama 3  jam dari Kota Bondowoso.

Jarak yang ditempuh Puluhan  Kilometer dengan perjalanan melewati jalan pegunungan yang terjal dan berbatu. Rata - rata  warga yang tinggal di desa pelosok ini bermata pencaharian sebagai petani dan juga buruh tani.

Kebanyakan anak - anaknya juga menikah muda sehingga rawan melahirkan anak stunting. Demi mencegah potensi mengalami stunting, pemerintah setempat melalui petugas KB dan aparatur kecamatan mendatangi calon pengantin untuk diberikan edukasi dan penyuluhan.

Para catin ini diberikan pengetahuan untuk mengurangi risiko kehamilan dengan bayi stunting. Dalam penyuluhan petugas KB memberikan beberapa materi  di antaranya terkait kesehatan alat reproduksi pria dan wanita serta pentingnya pemeriksaan kesehatan pra nikah.

Setiap catin yang sudah diberikan penyuluhan rumahnya kemudian ditempeli sticker dari petugas yang sudah disiapkan sebelumnya.

"Kepada para calon pengantin, kami berikan edukasi secara komprehensif agar nantinya anak yang dilahirkan bisa terhindar dari stunting," ujar Rumasiah, Penyuluh KB.

Pemerintah Kabupaten Bondowoso menargetkan  stunting bisa turun di angka 22 %. 

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut