get app
inews
Aa Read Next : Dugaan Korupsi Dana Desa, Mantan Kades Binakal Ditahan Kejaksaan Negeri Bondowoso

Potret Perjuangan Petugas KB Sosialisasi ke Desa Terpencil Cegah Stunting

Kamis, 26 Oktober 2023 | 14:55 WIB
header img
Foto : Tangkapan Layar (Source : GTV)

Bondowoso, iNewsBondowoso -  Stunting masih menjadi persoalan serius  di Indonesia. Petugas Keluarga Berencana (KB) di Kabupaten Bondowoso harus berjuang melewati jalan  pegunungan terjal untuk bisa ke desa terpencil memberikan pendampingan  pada ibu hamil agar anaknya tidak mengalami stunting.

Inilah Lia Warisa, salah seorang petugas KB di Kecamatan Botolinggo. Sebelum berangkat menuju desa yang dituju harus mempersiapkan segala kebutuhan yang akan dibawa mulai dari alat kesehatan hingga vitamin.

Angka stunting yang masih lumayan tinggi di Bondowoso memotivasi Lia untuk mendatangi desa terpencil melalui pegunungan di Desa Penang untuk melawan stunting.

Secara sukarela dan panggilan hati, wanita ini mendatangi sejumlah ibu hamil. Dengan menggunakan sepeda motor, Lia menempuh jarak 13  Kilometer dan perjalanan selama 2 Jam melewati jalan pegunungan yang terjal dan berbatu.

Tebalnya debu dan panas terik siang hari tidak menyurutkan semangat untuk sampai ke lokasi, agar bisa memberikan pelayanan maksimal ke masyarakat khususnya ibu hamil agar nantinya anak yang dilahirkan tidak mengalami stunting.


Sebelum diberikan edukasi pencegahan stunting, ibu hamil diperiksa terlebih dahulu kesehatannya yaitu cek tekanan darah, hemoglobin, berat badan dan lingkar lengan. Setelah itu diberikan vitamin agar bayi yang dikandung sehat.

"Memang butuh perjuangan untuk ke lokasi Desa terpencil ini. Kita juga harus bisa mengendarai sepeda motor melalui akses jalan yang ada,"ungkap Lia Warisa.

Masyarakat  terlihat senang dan antusias  terkait pendampingan keluarga ini. Angka stunting di Bondowoso sendiri pada tahun 2022  yaitu di prevalensi 32 %. Ditargetkan penurunan angka stunting di kisaran 22 %

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut