get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Tradisi Ojung Warga Desa Blimbing Untuk Meminta Keberkahan

Gelar Bersih Desa, Ratusan Warga Berebut Tumpang  Sewu

Jum'at, 28 Juli 2023 | 21:00 WIB
header img
Warga Desa Saat Berebut Tumpeng Sewu

Situbondo, iNewsBondowoso -  Banyak cara untuk menjaga tradisi atau adat istiadat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Desa Wonorejo Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo.

Bersama warga, pihak Pemdes melakukan acara bersih desa dengan menggelar tumpang sewu yaitu Ratusan tumpeng yang berisi hasil pertanian dan buah - buahan serta makanan ditata layaknya gunung kemudian di arak ribuan warga dengan mengelilingi  penjuru desa.

Setelah didoakan oleh para sesepuh desa, tumpeng kemudian diperebutkan warga hingga aksi sedikit kericuhan pun sempat terjadi. Saat berebut tumpeng warga saling dorong dan berebut untuk mendapat sejumlah hasil pertanian yang ditata menyerupai gunung.

Tidak hanya kaum pria dan ibu - ibu, aksi berebut juga di ikuti para anak - anak yang ikut meramaikan  acara bersih desa tersebut. Kades  Wonorejo Sumarto Adi mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan dengan harapan  hasil pertanian yang akan datang bisa  berlimpah.


“Harapan kami hasil pertanian bisa melimpah, Biasanya warga tanpa di komando akan berebut tumpeng yang telah ditata di depan halaman kantor desa dan sepanjang jalan setelah doa lintas agama usai", ungkapnya.

Acara disebut dengan tumpeng sewu sendiri merupakan ancak atau tumpeng yang digunakan berbentuk gunung besar yang menjulang dan berjumlah seribu ancak.

Desa Wonorejo sendiri merupakan salah satu desa yang berada di ujung timur Kabupaten Situbondo dan dikenal  juga sebagai desa kebangsaan yang sering dijakan contoh desa kerukunan umat beragama.

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut