get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Tradisi Ojung Warga Desa Blimbing Untuk Meminta Keberkahan

Jelang Ramadhan Warga Gelar Tradisi Topeng Kona dan Tandek Binik

Jum'at, 17 Maret 2023 | 11:56 WIB
header img
Pertunjukkan Topeng Kona

Bondowoso, iNewsBondowoso.id-  Jelang bulan Ramadhan  sejumlah masyarakat di Bondowoso menggelar tradisi kesenian topeng kona dan tandek binik. Kegiatan ini dilakukan setiap tahun oleh masyarakat dengan harapan membawa keberkahan.

Beragam cara dilakukan masyarakat menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Ratusan masyarakat Desa bBimbing Kecamatan Klabang Bondowoso mengadakan tradisi kesenian topeng kona. Tarian ini  dimainkan oleh para penari yang menggunakan topeng putih,kuning dan didominasi dengan busana serba merah yang melambangkan keberanian.

Dengan diiringi music tradisional gamelan, penari topeng kona meliuk – liuk mengikuti irama music. Bentuk pertunjukan tari topeng kona adalah tari dramatik tunggal dengan sembilan gerak utama. Ada konsep estetika yang ada pada tari topeng kona. Estetika itu terbentuk berdasar pada kearifan lokal masyarakat Desa Blimbing. Ada konsep kerukunan masyarakat tentang nilai kesatuan, nilai keberagaman, nilai keseimbangan dan nilai keselarasan.

Selain menggelar tarian topeng kona warga juga menggelar tarian tandek binik. Tarian ini yaitu seorang laki – laki berdandan seeperti sinden jawa dan menari dengan lemah gemulai. Kostum yang dipakai merupakan pakaian tradisional madura bagi perempuan seperti jarit , baju dan juga kerudung.

"Semua yang dilakukan warga ini adalah bentuk tradisi dari jaman dahulu yang masih terjaga kelestariannya," ujar Tantri raras, Sejarawan.


Kegiatan ini dilakukan setiap Tahun oleh masyarakat dengan harapan membawa keberkahan khususnya jelang ramadhan.

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut