get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Memperbaiki Kemerosotan Akhlak Pemuda Muslim di Era Modern

Meneladani Kisah Inspiratif Al Fatih, Tokoh Muslim Masa Utsmaniyyah

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 10:37 WIB
header img
Muhamma Al Fatih atau Sultan Mehmed II yang memiliki kekuasaan begitu luas diusianya yang muda. Foto: Istimewa

BONDOWOSO, iNewsBondowoso.id - Pemuda adalah tiang penyangga suatu generasi. Islam juga percaya dengan konsep tersebut. Bahkan nabi Muhammad SAW sendiri berkata bahwasanya pemuda muslim adalah pemilik estafet tingkat kepemimpinan Islam di masa mendatang.

Selain sabda Rasulullah Muhammad SAW tersebut, Allah SWT juga dengan gamblang menyebutkan bahwa generasi terbaik adalah generasi pemuda yang mampu menjadi pemimpin amanah di setiap masanya.

“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.” (QS Ali Imran: 110).

Jika kita lihat dari potongan ayat di atas, betapa Allah SWT bahkan menuntut kita, generasi muda untuk bisa menjadi Khalifah, atau pemimpin di setiap era kehidupan kita. Pemimpin yang amat ma'ruf nahi mungkar.

Mengenal Sosok Muhammad Al Fatih 

Berkaca dari hal tersebut, kita bisa tarik sejarah ke belakang, betapa umat muslim sempat memiliki tokoh fenomenal, bahkan kehadirannya mampu mengguncang stabilitas dunia. 

Kekuasaannya luas, kepemimpinannya yang begitu adil juga bijaksana. Beliau adalah Sultan Mehmed II atau dikenal pula dengan sebutan Muhammad Al Fatih.

Sultan Mehmed II ini merupakan sultan dari Bani Utsmaniyyah. Beliau merupakan raja yang ketujuh. Sejarah mencatat bahkan beliau mampu menaklukkan Konstantinopel pada usianya yang masih 21 tahun kala itu.

Editor : Taufik Hidayat

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut