get app
inews
Aa Read Next : Meneladani Kisah Inspiratif Al Fatih, Tokoh Muslim Masa Utsmaniyyah

5 Cara Memperbaiki Kemerosotan Akhlak Pemuda Muslim di Era Modern

Rabu, 19 Oktober 2022 | 11:26 WIB
header img
Akhlak pemuda muslim perlu terus dijaga agar tidak terkikis akibat zaman modern yang terus maju dan berkembang.

BONDOWOSO, iNewsBondowoso.id - Jika berbicara soal akhlak pastinya tak lepas dari akhlak baik (akhlakul kharimah), dan akhlak buruk (akhlakul mazmumah).

Setiap orang yang dilahirkan akan memiliki dua akhlak yaitu akhlak yang sudah ada sejak dilahirkan dan akhlak yang bisa dirubah tergantung dengan perilaku dan lungkungan.

Sekarang ini ramai sekali dibicarakan mengenai kemrosotan akhlak para pemuda muslim karena zaman yang semakin maju.

Sebetulnya perilaku tersebut bukanlah cerminan hal yang baik, sebagai muslim yang baik seharusnya kita tetap berpegang teguh pada akhlakul karimah meskipun tergerus perkembangan zaman tiap harinya.

Untuk menghadapi krisis akhlak tersebut saya disini akan membagikan beberapa cara untuk memperbaiki aklhak pemuda muslim yang akhir-akhir ini banyak mengalami kemrosotan.

Cara Memperbaiki Akhlak Dalam Islam

1. Memperkuat Iman

Dengan memperkuat keimanan pada Allah SWT, hati kita akan merasakan ketenangan jiwa. Dengan bertawakal kepada Allah akan menjadi pondasi kita untuk menjalani kehidupan yang lebih baik, dan keimanan juga akan berpengaruh pada akhlak dan perbuatan baik pada kehidupan kita.

Rasulullah bersabda, “Janganlah kamu menjadi orang plin-plan lalu berkata, ‘Bila orang-orang baik, kami ikut baik, dan bila mereka zalim, kami pun ikut.’ Akan tetapi, bentengilah dirimu, bila orang-orang baik, kamu harus berbuat baik, dan bila mereka jahat, janganlah ikuti kejahatan mereka.’’ (HR At-Tirmidzi).

Editor : Taufik Hidayat

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut