get app
inews
Aa Read Next : Meneladani Kisah Inspiratif Al Fatih, Tokoh Muslim Masa Utsmaniyyah

5 Cara Memperbaiki Kemerosotan Akhlak Pemuda Muslim di Era Modern

Rabu, 19 Oktober 2022 | 11:26 WIB
header img
Akhlak pemuda muslim perlu terus dijaga agar tidak terkikis akibat zaman modern yang terus maju dan berkembang.

4. Memperbaiki Akhlak dengan Rajin Beribadah

Ibadah adalah suatu kewajiban yang harus dijalankan untuk semua umat beragama tak terkecuali umat muslim. Ibadah sendiri adalah sebuah cara yang paling utama untuk melatih diri kita menjadi lebih baik. 

Jika ingin merubah akhlak menjadi lebih baik, maka istiqomah lah dalam menjalankan ibadah sesuai syari’at yang telah ditentukan.

5. Membaca dan Mempelajari Al-Qur’an

Al-Qur’an sendiri adalah sebuah pedoman sekaligus petunjuk bagi umat muslim untuk berakhlak mulia. Allah subhanahu wata’ala berfirman : “Sesungguhnya Al Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus,” (QS. Al-Israa’ : 9).

Rasulullah SAW sendiri menjadikan Al-Qur’an sebagai tolak ukur dirinya dalam berakhlak. Maka dari itu kita sebagai umat muslim yang baik sudah sepatutnya kita membaca dan mempelajari Al-Qur’an guna memperbaiki akhlak dan diri kita menuju ke jalan yang lebih baik.

Itulah cara-cara yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari guna mewujudkan akhlakul karimah dalam diri kita masing-masing sebagai contoh pemuda muslim yang baik.

Cukup sampai di sini pembahasan dari saya mengenai Bagaimana menghadapi kemerosotan akhlak pemuda muslim. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, terimakasih.

Editor : Taufik Hidayat

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut