get app
inews
Aa Read Next : TMMD Ke - 120,  Prajurit TNI Kodim 0823 Situbondo Bangun Sumur Bor

Kenali Manfaat dan Efek Samping Paracetamol Pada Anak, Perhatikan Hal Ini Agar Ginjal Tidak Bahaya

Kamis, 20 Oktober 2022 | 09:22 WIB
header img
Paracetamol yang merupakan obat antibiotik saat ini tengah menjadi perbicangan karena ada rumor tentang bahaya untuk ginjal. Foto: Istimewa

BONDOWOSO, iNewsBondowoso.id – Paracetamol adalah salah satu obat antibiotik yang saat ini tengah menjadi perbincangan. Pasalnya beredar rumor bahwa larangan memberikan paracetamol sirup pada anak karena akan memberikan gangguan pada ginjal.

Hingga saat ini hal tersebut hanya sebatas rumor belaka, sebab bukan hanya patacetamol yang memiliki efek samping tetapi semua obat juga demikian bila dikonsumsi tidak dengan aturan yang benar.

Obat paracetamol memiliki fungsi pengobatan pada anak bila terjadi demam dan penyakit lainnya. Namun akan menimbulkan efek samping jika dikonsumsi terlalu sering serta dalam jangka waktu yang panjang.

Mengutip pada laman NHS, paracetamol ini merupakan obat penghilang rasa sakit pada anak-anak, serta banyak sekali fungsi lain yang diberikan bila digunakan sesuai anjuran.

Apalagi untuk seorang anak tidak memiliki takaran dosis yang sama dengan orang besar, secara umum paracetamol mampu menjadi penyembuh untuk penyakit-penyakit seperti sakit kepala, sakit perut, gejala pilek, demam, dan juga sakit telinga.

Untuk seorang anak sendiri, paracetamol memiliki dua bentuk yang dapat Anda sesuaikan yakni bentuk sirup dan tablet, serta ada pula yang berbentuk supositori yakni bentuk obat yang dimasukkan ke dalam lubang anus.

Pemilihan obat untuk anak sebaiknya berdasarkan resep dokter meskipun obat ini dijual bebas di apotik. 

Editor : Taufik Hidayat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut