get app
inews
Aa Read Next : Cara Menghitung Weton Jodoh Sebelum Menikah Agar Mengetahui Ramalan Primbon Jawa

Cari Tahu Kecocokan Jodoh dengan Perhitungan Weton Jawa, Ada 6 Arti yang Wajib Diketahui

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 11:00 WIB
header img
Kecocokan Jodoh dengan Perhitungan Weton Jawa dapat diketahui dengan perhitungan neptu weton jodoh.

BONDOWOSO,iNewsBondowoso.id – Untuk masyarakat Jawa sendiri sudah tidak asing dengan yang namanya perhitungan weton guna mengetahui kecocokan jodoh dan hal penting lainnya.

Dalam kebudayaan serta kepercayaan masyarakat Jawa, weton menjadi sebuah sistem perhitungan tradisional dan kuno namun memiliki fungsi yang sangat penting.

Sistem perhitungan ini didasarkan pada tanggal lahir dan hari lahir seseorang. Bagi orang Jawa, tidak ada urusan besar yang tidak melibatkan perhitungan weton.

Salah satu fungsi yang dimiliki dari weton yakni untuk melakukan perhitungan dan mengetahui kecocokan jodoh. Kalender Jawa mengenal dua penanggalan berbeda, yakni tujuh hari hasil adaptasi kalender Islam serta lima hari pasaran.

Masyarakat jawa mengenal lima hari pasaran tersebut sebagai Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon.

Weton ini menjadi patokan untuk melihat hari baik dan buruk bagi seseorang dalam menjalankan berbagai urusan bahkan dapat dijadikan patokan mencari jodoh.

Cara Menghitung Weton Jawa Pakai Neptu Bulan

Anda juga bisa menghitung weton dengan menggunakan neptu bulan dan tahun Jawa. Namun, cara ini memiliki tujuan yang sedikit berbeda yaitu untuk mengetahui perkiraan musim tanam, musim hujan, musim kemarau, dan lainnya.

Bisa Anda lihat, nama bulan pada penanggalan Jawa sebetulnya adalah hasil adaptasi dari nama bulan dalam kalender Islam.

Editor : Taufik Hidayat

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut