Logo Network
Network

4 Karakter Manusia Menurut Primbon Jawa Weton dan Watak, Peramal Wajib Tahu Ini

Andreas Natawijaya
.
Jum'at, 14 Oktober 2022 | 15:00 WIB
4 Karakter Manusia Menurut Primbon Jawa Weton dan Watak, Peramal Wajib Tahu Ini
Weton merupakan tanggal lahir yang didalamnya memiliki makna yang mencerminkan sebuah karakter.

BONDOWOSO, iNewsBondowoso.id – Dizaman modern ini orang-orang sangat hobi membaca ramalan zodiak bahkan tidak sedikit yang mempercayai bahwa zodiak akan menentukan karakter seseorang.

Ternyata menurut primbon jawa juga memiliki ramalan zodiak dalam versi lokal yang dikenal dengan weton dan watak. Yang digunakan untuk mengetahui karakter diri yang perhitungannya juga berdasarkan pada hari kelahiran, mirip dengan ramalan zodiak.

Bagi masyarakat Jawa, ilmu weton atau hari lahir dalam kalender jawa tentu sudah menjadi sesuatu yang sangat familiar. Ilmu ini merupakan tradisi budaya yang hingga saat ini masih diyakini ketepatannya.

Oleh sebab itu, hari kelahiran juga kerap menjadi patokan untuk menentukan jodoh hingga hari baik melakukan sebuah acara penting dalam kehidupan. Tidak hanya itu, weton tanggal lahir dan kepribadian juga memiliki kaitan yang sangat erat, untuk lebih jelasnya, berikut ilmu primbon jawa weton dan watak yang perlu Anda pahami.

Weton Tanggal Lahir dalam Ilmu Primbon Jawa

Weton merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut hari kelahiran sesuai dengan penanggalan kalender jawa kuno. Untuk mengetahui neptu weton Anda memerlukan angka dari hari (dino) dan pasaran agar tidak membaca dan menafsirkannya.

Misalnya seorang anak lahir di hari Kamis Legi, maka neptu wetonnya yaitu sebagai berikut: Neptu weton = 8 (Kamis) + 5 (Legi ) = 13 Jumlah neptu weton inilah yang akan mempengaruhi kepribadian Anda dalam bersikap maupun berperilaku.

Hubungan antara weton tanggal lahir dan kepribadian ini berasal dari pengamatan mendalam selama ratusan tahun oleh masyarakat Jawa yang hingga sekarang ini masih di percaya.

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.