get app
inews
Aa Read Next : Penting !! Berikut Ini Waktu Imsakiyah Bagi Masyarakat Bondowoso

Cara Shalat Bagi Musafir, Berikut Syarat dan Niatnya yang Benar

Jum'at, 07 Oktober 2022 | 19:17 WIB
header img
Jangan tinggalkan shalat, berikut tata cara jamak shalat untuk kamu agar ibadah tetap terjaga.

BONDOWOSO, iNewsBondowoso.id - Shalat merupakan rukun Islam yang kedua setelah syahadat. Itu artinya, setiap umat muslim wajib hukumnya menunaikan ibadah tersebut. Selain itu, shalat juga merupakan tiang agama.

Kewajiban atas shalat ini tentu mengikat siapa saja, seluruh umat Islam di penjuru dunia, baik dalam kondisi sehat, sakit, mukim, maupun bepergian. Oleh karena itu, terdapat istilah ruqshoh atau keringanan pada beberapa case tertentu.

Pada orang sakit misalnya, rukun shalat yang tadinya harus berdiri kini boleh diganti duduk, atau bahkan tidur jika memang tidak mampu untuk berdiri. Pun bagi orang yang bepergian jauh dalam kendaraan umum, mereka boleh melaksanakan shalat dengan duduk tanpa pusing arah kiblat(sesuai arah jalannya kendaraan umum tersebut).

Namun, sedikit pengecualian bagi para musafir atau orang yang bepergian. Rukun shalat tetap harus diupayakan dengan maksimal. 

Misalnya dia ingin pergi ke luar kota dengan bus maupun kereta yang tidak mungkin berhenti sembarangan. Dia boleh shalat di atas kendaraan, namun apabila memungkinkan untuk menggabung dua waktu shalat agar sempurna, maka itu lebih dianjurkan.

Tata Cara Shalat bagi Musafir

Mungkin agak sedikit membingungkan tentang penggabungan shalat di atas. Jadi, simak ulasan berikut ini, ya.

Editor : Taufik Hidayat

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut