get app
inews
Aa Read Next : Penting !! Berikut Ini Waktu Imsakiyah Bagi Masyarakat Bondowoso

Mari Mengenal Huruf Hijaiyah agar Bacaan Qur'an Semakin Sempurna, Kenali Tanda Baca dan Lainnya

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 13:00 WIB
header img
Mengenal Huruf Hijaiyah mulai tanda baca hingga Makhorijul Huruf Hijaiyahnya agar Bacaan Qur'an Semakin Sempurna.

BONDOWOSO, iNewsBondowoso.id - Membaca Alquran adalah salah satu amalan yang sangat besar pahalanya dalam Islam. Bahkan, setiap huruf yang dibaca dengan Tartil, ada 70 kebaikan di dalamnya. Sangat menyenangkan sekali, bukan?

Namun sayangnya, membaca Alquran bukanlah sesuatu hal yang mudah. Ada banyak tahapan yang harus dilakukan seorang muslim dan muslimah agar bisa sampai pada kecakapan membaca kitab suci tersebut.

Tahapan tersebut diantaranya dimulai dari huruf Hijaiyah. Al-Qur'an sendiri terdiri dari gabungan huruf Hijaiyah yang membentuk bacaan, ayat, sehingga dapat diartikan.

Apabila kita tidak kenal dan familiar terhadap huruf Hijaiyah tentu akan sulit sekali membaca kitab suci tersebut.

Apa Saja Huruf Hijaiyah Itu?

1. ا (alif) 2. ب (ba') 3. ت (ta') 4. ث (tsa) 5. ج (jim) 6. ح (ha') 7. خ (kha') 8. د (dal) 9. ذ (dzal) 10. ر (ra') 11. ز (za) 12. س (sin') 13. ش (syin) 14. ص (shad) 15. ض (dhad) 16. ط (tha') 17. ظ (zha') 18. ع ('ain) 19. غ (ghain) 20. ف (fa') 21. ق (qaf) 22. ك (kaf) 23. ل (lam) 24. م (mim) 25. ن (nun) 26. هـ (haa) 27. و (wau) 28. ي (ya') 29. ء (hamzah) 30. لا (lam alif)

Mungkin jika dilihat sekilas akan mudah sekali dihafalkan. Namun sayangnya, setelah mengenal huruf Hijaiyah, kita harus paham tajwid sebelum akhirnya bisa membaca Alqur'an secara Tartil.

Tajwid yang berkaitan dengan huruf hijaiyah disini diantaranya adalah, tanda baca atau harakat, dan juga tempat keluarnya huruf Hijaiyah atau makhorijul huruf.

Dari makhorijul huruf inilah nantinya kita bisa menyimpulkan bagaimana cara membaca huruf hijaiyah tersebut.

Editor : Taufik Hidayat

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut