get app
inews
Aa Read Next : Kebakaran Melahap Dua Rumah, Uang dan Perhiasan Ludes Terbakar, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta

Rahasia Perawatan Terbaik untuk Bekas Jerawat, Kulit Kembali Jadi Cantik

Selasa, 04 Oktober 2022 | 11:28 WIB
header img
Cara mudah untuk mengatasi bekas luka jerawat agar kulit kembali terlihat cantik.

BONDOWOSO, iNewsBondowoso.id - Jerawat sering kali menjadi masalah yang sangat merepotkan bagi kita, walaupun sudah sembuh terkadang menimbulkan bekas luka yang membuat kurang percaya diri.

Salah satu bekas luka yang ditimbulkan akibat jerawat adalah ice pick scar,  seperti halmya namanya bekas luka jerawat ini mengakibatkan luka jerawat yang sangat dalam seperti ditusuk dengan es.

Luka ini timbul akibat kurangnya tubuh memproduksi kolagen akibat luka yang ada, sehingga bekas lukanya membentuk seperti tertusuk es.

Menurut Gerasld Ember ahli beda plastik New York yang dikutip dari thehealthy, bekas luka dari ice pick scar ini cenderung susah untuk disembuhkan.

Namun Anda tidak perlu kawatir ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan bila Anda memiliki bekas luka jerawat ini.

Cara yang paling direkomendasikan oleh Dr Hellman seorang dokter kulit di New York adalah dengan metode Radio Frequency atau sering disebut perawatan RF.

Perawatan RF ini menggunakan energi frekuensi radio untuk menghasilkan kolagen yang nantinya akan menutup bekas luka yang ada.

“Perawatan ini membantu membangun kolagen dari dalam ke luar, dan kolagen membantu mengisi bekas luka dari dalam,” kata Dr.Hellman.

Perawatan lain yang bisa digunakan adalah dengan metode cangkok kulit yang diambil dari kulit belakan telinga.

Ada juga bekas luka jerawat Boxcar scars, hampir mirip dengan ice pick scar bekas luka jerawat ini menyebabkan kulit tertetekan kedalam namun perbedaannya bekas luka jerawat ini cenderung lebih luas areanya dari ice pick scar.

Pelapisan kulit berdasarkan laser, frekuensi radio, atau perangkat ultra sound dapat menghilangkan bekas luka jerawat Boxcar scars.

Metode tersebut bisa menghasilkan kolagen baru yang nantinya akan menutupi bekas luka jerawat yang ada.

Bekas luka jerawat lainnya adalah rolling scars, bekas luka jerawat ini mengakibatkan kulit seperti dataran bukit yang bergelombang.

Cara mengatasi bekas luka rolling scars ini dapat diobati dengan suntikan microfat diikuti dengan microneeding dengan  platelet-rich plasma (PRP).

Cara kerja microneeding dengan membuka saluran didalam kulit dengan menghasilkan PRP yang diektrasi dari darah Anda dan nantinya dioleskan ke kulit Anda.

Tujuannya untuk membangun jaringan kolagen baru yang nantinya memperbaiki jaringan kulit yang rusak akibat bekas luka jerawat. 

Hampir semua orang beresiko tinggi terkena jerawat, pencegahan merupakan langkah terbaik yang bisa Anda lakukan.

Jika Anda mengalami jerawat hindari memencet, meremas, atau berusaha mengeluarkan jerawat. Biarkan jerawat hilang dengan sendirinya.

Pengobatan secara dini juga membantu meminimalisir bekas luka jerawat yang meresahkan dan membuat tidak percaya diri.

Editor : Taufik Hidayat

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut