get app
inews
Aa Read Next : Akar Dewa Jati, Limbah Kayu Hingga Jadi Seni Kerajinan Bernilai Tinggi

Ribuan Pelajar Pecahkan Rekor Muri,  1000 Penari Ojung di Alun - alun Ki Bagus Asra Bondowoso

Minggu, 14 Juli 2024 | 10:45 WIB
header img
Ribuan Pelajar Saat Pecahkan Rekor Muri 100 Penari Ojhung

Bondowoso, INewsBondowoso -   Beragam cara untuk memperkenalkan seni tradisi kepada generasi milenial. Di Bondowoso sekitar Seribu siswa menggelar aksi tari ojhung. Tari massal ini dicatat  dalam Museum Rekor Indonesia (Muri).

Rekor Muri  tari ojhung ini digelar di Alun - alun Ki Bagus Asra. Tercatat total ada 1.058 siswa yang mengikuti kegiatan ini. Mereka merupakan siswa dari berbagai sekolah tingkatan yang ada di Kota Tape.

Ojhung merupakan budaya khas bondowoso dan kawasan tapal kuda lainnya. Dalam budayanya,  ojhung biasanya dilakukan saat musim kemarau panjang. Selain sebagai budaya,  ojhung juga dipercaya untuk mendatangkan hujan.

Dua orang bertelanjang dada saling berhadapan dan  bertarung mencambukkan sebatang rotan sebagai senjata satu sama lain. Sasarannya adalah punggung,   rotan itu lalu dicambukkan ke lawannya secara bergantian.

Biasanya  bekas cambukan rotan seukuran jempol tangan  meninggalkan luka  bahkan hingga berdarah di punggung bagi mereka yang terkena cambukan lawannya. Bekas cambukan yang mengeluarkan darah tersebut dipercaya sebagai penanda bakal segera turun hujan.

"Kami sengaja melibatkan para pelajar  karena mereka generasi penerus bangsa yang harus tetap memperhatikan budaya adiluhung," ucap Drs. Bambang Soekwanto MM, Pj Bupati Bondowoso.

Para pelajar ini diharap dapat  mempertahankan seni budaya tradisional di tengah gempuran budaya modern di era milenial saat ini. 

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut