get app
inews
Aa Read Next : Pj Bupati dan Kapolres Bondowoso Lakukan Pengecekan Sumber Mata Air yang Diduga Tercemar Geothermal

Mengenal Kopi Luwak Bondowoso, Salah Satu Kopi Termahal di Dunia

Jum'at, 01 Desember 2023 | 17:38 WIB
header img
Biji Kopi Luwak

Bondowoso, iNewsBondowoso -  Luwak selama ini dikenal sebagai satwa penghasil biji kopi terbaik dan bercita rasa tinggi. Namun jika belum tahu bagaimana proses hewan malam ini sampai bisa menghasilkan kopi berkualitas kami akan mengajak anda berkunjung ke sebuah penangkaran luwak di Lereng Pegunungan Ijen Bondowoso.

Kawasan Pegunungan Ijen tak hanya dikenal dengan potensi wisatanya. Wilayah pegunungan di sisi timur Pulau jawa ini juga dikenal sebagai penghasil kopi berkualitas.

Diantara banyak macamnya salah satu yang menjadi andalan adalah jenis kopi luwak. Seperti namanya, kopi luwak dibuat dari biji kopi hasil kotoran satwa jenis luwak atau disebut juga musang kelapa.

Meski sekilas terdengar jorok namun kopi luwak disebut-sebut sebagai kopi dengan kualitas dan cita rasa terbaik serta harganya yang sangat mahal.Di tempat ini ada hampir 200 ekor luwak yang jika saat musim panen kopi bisa menghasilkan hingga Puluhan kilogram biji kopi per hari.

Produksi kopi luwak sendiri diawali dari pemberian pakan berupa biji kopi pada malam hari. Pakan tersebut kemudian dikeluarkan menjadi kotoran yang masih berupa biji kopi pada keesokan paginya namun sudah melalui proses fermentasi di ruang pencernaan luwak.

Setelah dibersihkan dan dikeringkan biji kopi lalu disangrai sehingga menghasilkan biji kopi pilihan siap jual.

"Kopi luwak peminatnya sangat tinggi makanya harganya relatif mahal karena proses fermentasinya," ungkap Ferry, Produsen Kopi  Luwak

Harga kopi luwak sendiri tergolong mahal yakni mencapai lima kali lipat harga kopi biasa. Untuk kopi luwak jenis arabika harga per kilogramnya bisa menembus 400 Ribu Rupiah per kilogram.

Sedangkan untuk kopi luwak jenis robusta harganya mencapai 225 Ribu Rupiah per kilogram.

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut