get app
inews
Aa Read Next : Seekor Ikan Lumba -lumba Nyasar ke Sungai di Situbondo Hebohkan Warga

Sungai Kalipahit di Kaldera Ijen Purba  Mengandung Banyak Manfaat, ini Faktanya!!

Senin, 16 Oktober 2023 | 14:03 WIB
header img
Sungai Kalipahit di Tengah Kaldera Ijen Purba

Bondowoso, iNewsBondowoso -  Taman wisata alam ijen menyuguhkan panorama keindahan alam yang luar biasa. Namun  tahukah anda jika ada sungai tidak biasa di kawah ijen. Aliran sungai ini bisa menyembuhkan segala macam penyakit. Yuks kita cari tahu kebenarannya.

Keindahan gunung kawah ijen  tentu tidak ada yang meragukan. Namun di balik keindahan kawah berketinggian 2.443 Mdpl tersebut ada hal yang tak kalah menarik yaitu kalipahit.

Kalipahit merupakan aliran sungai yang berasal dari kawah ijen. Airnya terasa pahit karena air berwarna hijau kekuningan dan berbusa. Air kalipahit memiliki kandungan sulfur atau belerang yang sangat tinggi.

Nama kalipahit diambil dari dari bahasa jawa, kali yang berarti sungai dan pahit artinya pahit atau getir. Jadi dalam makna yang lebih luas kalipahit artinya sungai yang berasa pahit.

Bagi warga sekitar maupun sebagian pengunjung kalipahit dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit terutama penyakit kulit maupun beberapa jenis penyakit lainnya.

Selain dipercaya bisa mengobati bermacam penyakit kulit, keindahan panorama di sekitar aliran sungai yang secara administratif masuk Kabupaten Bondowoso itu juga tidak kalah menarik.

Karakter kalipahit yang masuk dalam kawasan cagar alam kawah ijen tersebut cukup unik. Sejauh mata memandang, aliran air berbusa dan berwarna hijau kekuningan mengalir di permukaan batu. Bukan di tanah atau pasir layaknya aliran sungai.

Dengan kemiringan cukup terjal  sepintas memang tampak seperti air terjun. Air busa yang cukup tebal dan berbuih tampak berwarna kuning kehijauan mengalir di batu gunung bekas aliran magma.

"Saya datang kesini karena penasaran dan ingin tahu aliran sungai kalipahit yang katanya mengandung beragam manfaat," ungkap Cindy Rieke, Pengunjung Asal Situbondo.


Aliran kalipahit ini mengalir ke kawasan perkebunan Blawan  Kecamatan Ijen, kemudian melintasi beberapa daerah di Situbondo dan bermuara di Selat Madura.

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut