get app
inews
Aa Read Next : Geger !!  Seorang Kakek dan Cucunya Tewas Dibunuh

Pasca ODGJ Jadi TKW, Pemkab Himbau Calon TKW Melalui Jalur Legal

Kamis, 15 Juni 2023 | 11:54 WIB
header img
Nunung Setianingsih, Kepala DPMPTSP-NAKER Kabupaten Bondowoso.

Bondowoso, iNewsBondowoso. Pasca seorang TKW ilegal yang dipulangkan karena dipukuli dan mengalami gangguan jiwa. Pihak Pemkab menghimbau bagi yang akan berangkat keluar negeri agar melalui jalur legal. Karena melalui jalur legal dapat menjamin keselamatan dan kesejahteraan pekerja.

Setelah pemulangan seorang TKW bernama Asnami (49) warga RT 7 Desa Pecalongan Kecamatan Sukosari, Pemkab merespon adanya fenomena tersebut. Dari pengakuannya, TKW Asnami kerap dipukul majikan karena diketahui mengalami gangguan jiwa dan tak bisa bekerja dengan baik.

Korban bekerja di Negeri Jiran Malaysia sekitar 2 Tahun lalu untuk menghidupi keluarganya. Dirinya berangkat melalui tekong illegal sehingga bisa ikut meski menderita gangguan jiwa sejak 4 tahun lalu.

Maraknya tekong yang mencari para calon TKW ini,  Dinas Perijinan Pelayanan Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Bondowoso menghimbau bagi masyarakat yang berminat berangkat ke luar negeri agar melalui prosedur yang benar. Selain aman, pekerja migran yang legal dijamin kesejahteraan dan kesehatannya oleh pihak perusahaan.

Selama ini telah ada 200 pekerja yang diberangkatkan dinas dengan tujuan malaysia,  brunai, korea,  taiwan, saudi arabia dan jepang.

"Kami atas nama Pemerintah Bondowoso menghimbau kepada masyarakat agar jangan mudah tertipu oleh para calo. Gunakanlah jalur legal untuk pergi bekerja menjadi TKW," ujar  Nunung Setianingsih, Kepala DPMPTSP-NAKER Kabupaten Bondowoso.

Kedepan pihak Pemkab juga akan terus berkoordinasi dengan tim gugus tugas masalah TKI untuk memberantas calo ataupun tekong yang meresahkan tersebut.

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut