get app
inews
Aa Read Next : Bahaya! Orang Tua Harus Lakukan Ini Saat Memuji Anak

Jarang Diketahui para Orangtua, Begini Dahsyatnya Dampak Berkisah untuk Anak Usia 0 - 7 Tahun

Selasa, 27 Desember 2022 | 17:19 WIB
header img
Foto : Ilustrasi

Bondowoso, iNewsBondowoso.id -  Anak merupakan amanah yang diberikan oleh Allah SWT kepada orangtua. Maka dari itu sebagai orang tua wajib memberikan yang terbaik untuk anak terutama tentang pendidikan.

Metode mendidik anak bisa dipelajari dari berbagai sumber mulai dari internet, buku maupun seminar.

Dengan demikian, setiap orang tua memiliki bekal tentang pola asuh anak terbaik guna membentuk generasi penerus yang berbudi pekerti, sehat dan cerdas.

Langkah awal yang bisa dilakukan orang tua untuk menanamkan budi pekerti yang baik salah satunya yaitu dengan berkisah. Orang tua dapat membacakan kisah-kisah teladan terhadap anak pada saat menjelang tidur.

Berkisah atau bercerita sebelum anak tidur memiliki manfaat luar biasa untuk kehidupannya mendatang. Berkisah menjadi salah satu metode pendidikan keimanan anak mulai usia 0 - 7 tahun.

Menurut Psikolog, Ustad Adriano Rusfi mendidik keimanan bukan dengan cara mendoktrin, karena doktrin itu akan punah bersama waktu.

"Pendidikan keimanan harus dilakukan dengan sesuatu yang tidak terasa, sebab target utama yang ingin dibangun yaitu kesadaran sang anak," ujarnya.

Dalam metode berkisah, orang tua diharapkan mampu menyampaikan apa yang sedang dirasakan dan berbagi rasa. Cara ini dinilai lebih efektif untuk menumbuhkan keimanan, keyakinan dan kepercayaan.

Membangun keimanan membutuhkan proses perlahan. Orangtua dapat membangun keyakinan tentang kasih sayang Allah, tentang ampunan-Nya, dan tentang cinta-Nya. Metode ini sangat tepat dilakukan saat sebelum tidur.

Alasannya yaitu karena kisah yang disampaikan oleh orang tua dapat memberikan kesan yang kuat dan akan terbawa mimpi sehingga masuk ke dalam proses otak anak lalu ke alam prasadar anak.

Metode berkisah dinilai sangat baik dampaknya. Hal ini dapat dilihat dalam Al-Qur'an yaitu 70 persen ayat berisi tentang kisah-kisah. Maka diharapkan sebagai orangtua dapat mengutip kisah dalam ayat-ayat tersebut untuk diceritakan kembali kepada anak guna menyampaikan nilai-nilai keimanan kepada anak.

Dalam Al-Qur'an ada sebuah surat yang disebut sebagai Al Qashas yang berarti kisah-kisah dan Sebaik-baiknya kisah yaitu kisah nabi Yusuf. Inilah alasan adanya satu surat tersendiri yang membahas tentang kisah Nabi Yusuf.

Berkisah menjadi metode pilihan terbaik dalam pendidikan keimanan sebab selain mudah dilakukan secara mandiri oleh orang tua, tentunya kedekatan anak dan orang tua akan terjalin selama proses berkisah atau bercerita sehingga anak tumbuh bahagia dan beriman dalam pantauan orang tua. 

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut