get app
inews
Aa Read Next : Keistimewaan Selasa Kliwon dari Watak hingga Rezeki Menurut Primbon Jawa

Inilah Arti dan Fungsi Weton dalam Primbon Jawa dengan 8 Watak atau Karakter Hari Kelahiran

Rabu, 19 Oktober 2022 | 11:10 WIB
header img
Arti dan fungsi weton yang bisa digunakan untuk mengetahui watak atau karakter seseorang dalam Primbon Jawa.

BONDOWOSO, iNewsBondowoso.id – Istilah weton bagi Anda yang merupakan masyarakat jawa tentu sudah tidak asing lagi. Kata ini kerap disebut saat seseorang akan menyelenggarakan acara penting, seperti pernikahan atau pindah rumah. 

Pengertian weton menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah hari lahir seseorang dengan pasaran Legi, Paing, Pon, Wage, Kliwon.

Sedangkan menurut budaya Jawa weton sendiri bukan sekadar hari lahir saja tetapi memiliki fungsi dan maknanya tersendiri.

Weton merupakan sebuah perhitungan hari lahir seseorang yang dijadikan patokan untuk merujuk ramalan tertentu. 

Menurut primbon Jawa weton bisa berkaitan dengan ramalan sebuah peristiwa tertentu,  ditelaah melalui suatu siklus hari dalam kalender tradisional.

Fungsi Weton

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, weton tidak hanya dianggap sebagai sebuah perhitungan hari lahir. 

Menggunakan sebuah perhitungan tertentu weton berfungsi sebagai bentuk ramalan yang memiliki banyak fungsi dan kegunaan.

Berikut ini informasi beberapa fungsi weton yang dipercaya dalam budaya Jawa hingga sekarang ini

1. Menghitung Kecocokan Jodoh

Weton memiliki fungsi untuk menghitung kecocokan jodoh antara pasangan calon pengantin. Untuk membaca kecocokan ini dengan melihat jumlah neptu hari lahir masing-masing orang yang dijumlahkan. Hasil penjumlahan inilah yang nantinya akan ditafsirkan cocok atau tidaknya pasangan pengantin.

2. Mengetahui Watak Dan Karakter 

Dalam budaya Jawa, weton juga sangat dipercaya sebagai suatu cara untuk mengenali karakter serta watak dari seseorang. Namun pembacaan ini hanya bisa dilakukan oleh Anda yang paham akan perhitungan putaran kalender.

3. Menjauhkan Kesialan

Sebagai sebuah bentuk usaha menjauhkan kesialan dalam budaya Jawa, setiap orang dianjurkan untuk berpuasa pada setiap hari kelahirannya. Selain sebagai bentuk rasa syukur atas hari kelahiran juga memiliki makna terhindar dari kesialan. 

4. Agar Selalu Meraih Kesuksesan

Menperingati haru kelahiran juga mampu memberikan kesuksesan di masa depan, sehingga bukan hanya sebagai rasa syukur namun juga upaya meraih kesuksesan. 

Karakter Weton

Berikut ini informasi mengenai karakter atau watak weton yang harus diketahui.

1. Pendito Kang Lelaku

Apabila neptu weton Anda 7, karakter yang dimiliki yakni suka bepergian jauh dengan sebuah tujuan tertentu, baik itu liburan ataupun pekerjaan. Karakter ini juga dipercaya mempunyai sifat pemalas serta sulit berkomunikasi dengan baik.

2. Lakune Geni

Konon karakter neptu 8 suka memendam emosi seperti bara api kecil yang nantinya semakin membesar dan bisa membakar manusia bila dibiarkan.

3. Lakune Angin

Neptu 9 memiliki karakter yang sangat mudah untuk dipengaruhi oleh orang lain, bahkan terkadang tidak mempunyai pendirian pada hidupnya.

4. Pendito Mbangun Tek

Karakter dari orang berneptu 10 sendiri, dipercaya memiliki karakter suka menasihati seseorang, namun sangat tidak suka menerima nasihat maupun saran dari orang lain.

5. Lakune Setan

Apabila nepton weton Anda 11, maka karakter kurang terpuji. Tidak cocok untuk dijadikan pemimpin karena memiliki watak yang plin-plan serta tidak memiliki jiwa pemimpin.

6. Lakune Kembang

Neptu weton 12 mempunyai watak dan karakter yang suka mengalah kepada orang lain dalam hal apapun dan selalu menebarkan kedamaian kepada orang-orang disekitarnya.

7. Lakune Lintang

Neptu weton 13 memiliki sebuah pesona yang sangat luar biasa, namun tidak bisa dijadikan pemimpin sebab banyak karakter negatif yang dimiliki.

8. Lakune Mbulan

Untuk pemilik neptu weton 14 mempunyai watak yang dapat menjadi sebuah penerang bagi banyak orang. Sosoknya sering menjadi tempat mencari solusi dari beragam masalah yang ada oleh orang-orang disekitarnya.

Editor : Taufik Hidayat

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut