get app
inews
Aa Read Next : Urine Keluar Darah, Waspada Kamu sedang Mengidap Penyakit Ini

5 Bahaya Menahan Buang Air Kecil untuk Kesehatan, Mulai Infeksi Hingga Sebabkan Batu Kandung kemih

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 16:32 WIB
header img
Sering menahan buang air kecil bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang fatal.

3. Membahayakan Otot Dasar Panggul

Menahan air kencing dalam jangka waktu yang panjang bisa membahayakan otot dasar panggul. Otot sfingter uretra yang memiliki fungsi untuk menahan urine agar tidak bocor menjadi tidak bekerja dengan baik inkontinensia urine.

Hal ini akan menyebabkan munculnya perasaan ingin secara terus menerus buang air kecil secara tiba-tiba hingga tidak terkontrol.

4. Pelebaran Pada Kandung Kemih

Kondisi sering menahan air kencing juga bisa menyebabkan pelebaran pada kandung kemih, ketika pelebaran ini terjadi maka akan menyebabkan sulit buang air kecil secara normal sehingga memerlukan alat untuk buang air kecil seperti keteter.

5. Batu Kandung Kemih

Rasa menyakitkan ketika terkena batu kandung kemih memang tidak bisa untuk dibayangkan, sehingga sebaiknya hindari untuk menahan buang air kecil.

Menahan buang air kecil terlalu sering bisa menyebabkan batu kandung kemih, sebab kandungan mineral seperti asam urat dan kalsium oksalat akan mengalami pengkristalan sehingga menjadi batu.

Untuk ukuran dan jumlah batu yang dibuat beragam tergantung seberapa sering dan sebenarapa banyak kandungan mineral yang ada di dalam kandung kemih, namun ketika Anda mengalami batu kandung kemih maka akan sangat begitu menyakitkan.

Editor : Taufik Hidayat

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut