get app
inews
Aa Read Next : 10 Puskesmas di Bondowoso Raih Akreditasi Paripurna

8 Manfaat Tersenyum untuk Kesehatan, Mulai Bikin Umur Panjang Hingga Menurunkan Tekanan Darah

Jum'at, 07 Oktober 2022 | 18:26 WIB
header img
Tersenyum bukan hanya sebagai tanda kebahagiaan tetapi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan

BONDOWOSO, iNewsBondowoso.id - Apakah Anda mengetahui bahwa setiap Jumat pertama di bulan Oktober merupakan hari tersenyum sedunia?

Hari Tersenyum Sedunia ini pertama kali diperingati pada tahun 1999 dengan tujuan untuk mendorong setiap orang agar selalu tersenyum, menebar vibes positif, mencapai impian, serta senantiasa selalu melakukan hal-hal kebaikan.

Tersenyum adalah lambang sebuah kebahagiaan, sebab ekspresi pertama ketika sedang berbahagia adalah senyum. Namun bukan hanya sebagai lambang kebahagiaan semata tetapi memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan.

Sebab senyum dapat mempengaruhi tubuh serta pikiran untuk melakukan berbagai hal kebaikan yang juga berdampak baik untuk kesehatan tubuh Anda. Sehingga tersenyum sangat dianjurkan untuk dilakukan kepada siapa saja.

Senyum menawarkan berbagai manfaat pada kesehatan, suasana hati, bahkan suasana hari orang-orang yang berada disekitar Anda. Mulailah untuk menyehatkan tubuh dengan tersenyum bukan hanya karena merasa bahagia tetapi untuk setiap hal yang dilalui.

Manfaat Tersenyum Untuk Kesehatan

Pasalnya senyum menjadi cara yang paling mudah untuk dilakukan agar merasakan kesehatan dalam tubuh.

Dilansir dari berbagai macam sumber, berikut ini berbagai manfaat tersenyum yang dapat dirasakan untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Panjang Umur

Pastinya Anda sering mendengar istilah panjang umur dengan rajin tersenyum. Ternyata hal tersebut tidaklah sepenuhnya istilah belaka sebab memang rajin tersenyum bisa memanjangkan umur dengan suasana hati yang senantiasa terjaga bahagia.

Kebahagiaan dapat memanjangkan umur dengan mempertahankan suasana hati yang bahagia dan positif sehingga tidak stres yang malah akan memperpendek umur

2. Mengurangi Stres

Tersenyum tidak hanya berfungsi untuk membuat wajah terhindar dari rasa lelah, letih, dan juga lesuh. Tetapi dengan tersenyum juga dapat mengurangi rasa stres yang Anda rasakan.

Ketika Anda sedang stres maka cobalah untuk tersenyum maka vibes positif akan tumbuh dalam diri sehingga rasa stres yang dirasakan dapat berkurang secara perlahan.

3. Meningkatkan Suasana Hati

Dengan tersenyum maka akan mengaktifkan jalur otak yang akan mempengaruhi keadaan emosional. Menampilkan ekspresi bahagia maka akan menipu pikiran untuk juga ikut merasakan kebahagiaan.

Saat tersenyum akan terjadi pelepasan neuropeptida dan neurotransmiter meningkatkan komunikasi yang ada pada saraf serta meningkatkan suasana hati agar tetap merasa bahagia sepanjang waktu.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tersenyum dapat membantu tubuh agar tetap sehat secara lahir dan batin sebab dengan tersenyum maka membantu sistem kekebalan tubuh berfungsi secara maksimal dan efektif.

Ketika Anda tersenyum maka tubuh menjadi lebih rileks sehingga sistem imun pada tubuh juga ikut meningkat.

​​​​​​​5. Menurunkan Tekanan Darah

Tersenyum sambil tertawa dapat menurunkan tekanan darah, sebab tertawa menyebabkan terjadinya peningkatan awal pada detak jantung serta pernapasan.

​​​​​​​6. Mengurangi Rasa Sakit

Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan bahwa tersenyum bisa melepaskan endorfin serta serotonin yang merupakan zat yang dapat meredakan rasa nyeri secara alami.

Ketika zat ini dilepaskan maka tubuh menjadi lebih baik, mengurangi rasa sakit, serta lebih terasa rileks.

7. Tetap Berpikir Positif

Tersenyum memiliki vibes positif sehingga akan membantu untuk terus berpikiran positif, hal ini akan membuat otak untuk memikirkan hal-hal positif, mengambil keputusan terbaik dengan berbagai pertimbangan, serta akan merasa lebih baik untuk hal-hal dalam kehidupan ini.

8. Dapat Menularkan Senyum Ke Orang Lain

Dengan tersenyum maka akn menularkan energi positif ke orang lain sehingga akan membuat orang lain untuk ikut tersenyum.

Editor : Taufik Hidayat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut