get app
inews
Aa Read Next : Penting !! Berikut Ini Waktu Imsakiyah Bagi Masyarakat Bondowoso

5 Amalan Utama di Bulan Maulid, Jangan Lupa Perbanyak Amalan Ini

Selasa, 04 Oktober 2022 | 17:08 WIB
header img
Amalan yang bisa dilakukan pada bulan maulid.

2. Perbanyak Bacaan Shalawat

Banyak orang alim berkata bahwa amalan yang langsung sampai pada nabi Muhammad adalah bacaan shalawat. Pada bulan yang mulia ini, kita sangat dianjurkan untuk lebih banyak melantunkan puji-pujian terhadap Rasulullah penutup para nabi tersebut.

Banyak sekali jenis shalawat yang bisa kamu coba, mulai dari shalawat pendek, sedang, hingga panjang yang sering dijadikan lantunan lagu islami di internet.

Bahkan Allah SWT sendiri berfirman dalam salah satu suratnya bahwa kita dianjurkan, bahkan diwajibkan, untuk bershalawat dan memberikan salam penghormatan pada baginda Muhammad SAW. "Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya bershalawat pada Nabi. Hai orang-orang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkan salam penghormatan," QS Al-Ahzab:56.

3. Meneladani Sifat Mulia Rosul

Semua Nabi dan Rosul Allah mempunyai 4 sifat mulia yang pasti ada pada diri mereka. Sifat tersebut diantaranya adalah Shidiq yang artinya jujur. Kemudian ada Amanah yang berarti dapat dipercaya. Selanjutnya Tabligh yang artinya menyampaikan Wahyu tanpa menutupinya, serta yang terakhir adalah Fathonah berarti pintar.

Dari keempat sifat tersebut, kita bisa berusaha meneladaninya. Misal tidak ingkar janji, datang ke suatu undangan sesuai jam kesepakatan, berusaha belajar lebih keras, serta menyampaikan sesuatu sesuai kebenaran yang ada.

Editor : Taufik Hidayat

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut