get app
inews
Aa Read Next : Semarakkan Ramadhan, Puluhan Siswa SMP IT dan SMA IT Insan Cemerlang Ikuti Dauroh Qur'an

Penting !! Inilah Tips Jitu Cegah Dehidrasi Selama Berpuasa

Kamis, 21 Maret 2024 | 16:25 WIB
header img
Foto : Ilustrasi

Bondowoso, iNewsBondowoso -  Selama bulan Ramadhan, umat muslim diwajibkan untuk menahan lapar dan haus sepanjang hari. Akibatnya tubuh akan kehilangan banyak cairan dan mengakibatkan dehidrasi.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk tetap menjaga keseimbangan cairan tubuh selama melakukan ibadah di bulan Ramadhan. Cara efektif untuk mencegah dehidrasi selama puasa adalah dengan meminum cukup banyak air, agar kebutuhan cairan dalam tubuh kita terpenuhi.

Sebagai aturan umum, setiap orang disarankan untuk minum delapan gelas air setiap hari.

Tips untuk memenuhi kebutuhan cairan saat puasa, kamu bisa coba menerapkan pola 2-4-2, yaitu:

2 Gelas Air Putih saat Berbuka
Minum air putih saat berbuka puasa membantu mengganti cairan tubuh yang hilang setelah seharian beraktivitas. Biasakan untuk berbuka puasa dengan air putih lalu dilanjut dengan makanan lain. Saat berbuka puasa, pastikan untuk minum minimal dua gelas air putih sesuai dengan kebutuhan. Satu gelas saat adzan Maghrib dan satu gelas menjelang adzan Isya.

4 Gelas Air Putih saat Makan Malam
Kemudian disarankan untuk minum air putih secara berkala saat malam hari hingga menjelang tidur. Minum 4 gelas air putih pada malam hari dengan pembagian dua gelas air putih saat makan, dan dua gelas air putih menjelang tidur. Minum air putih sebelum makan dan sesudah makan bisa membantu melancarkan proses pencernaan makanan.

2 Gelas Air Putih saat Sahur
Sahur penting untuk memberi energi tubuh selama puasa. Saat sahur setidaknya minum dua gelas air putih. Caranya bisa dibagi dengan satu gelas saat bangun tidur dan satu gelas setelah makan sahur.

Dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa, diharapkan tubuh terhindar dari dehidrasi. Sehingga tubuh tetap sehat dan semangat selama melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Selama puasa, disarankan untuk tetap menerapkan perilaku hidup sehat, dengan memilih menu buka puasa dan sahur yang bergizi seimbang serta melakukan olahraga atau aktivitas fisik ringan setiap harinya.

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut