get app
inews
Aa Read Next : 10 Puskesmas di Bondowoso Raih Akreditasi Paripurna

Wabah Chikungunya, Dinkes Lakukan Fogging  di Sekolah dan  Rumah Warga

Rabu, 06 Maret 2024 | 11:27 WIB
header img
Petugas Saat Melakukan Fogging Chikungunya di Rumah Warga

Bondowoso, iNewsBondowoso -  Penyakit chikungunya mulai mewabah di Kabupaten Bondowoso. Tercatat ada 58 orang penderita chikungunya selama kurun waktu 2 Bulan terakhir. Mengatasi hal tersebut, Dinas Kesehatan lakukan  di sekolah dan rumah - rumah warga.

Dinas kesehatan melakukan fogging massal atau pengasapan besar-besaran sarang nyamuk di beberapa sekolah dan rumah warga. Fogging ini dilakukan di tempat umum yang biasa digunakan beraktifitas sehari-hari.

Fogging di utamakan dilakukan di sekolah Karena penderita terbanyak adalah anak-anak. Dimana sebagian besar waktu pagi hari mereka dilalui di sekolah.

Sebagaimana diketahui, nyamuk aedes aegepty menyerang pada pagi hingga siang hari. Pengasapan ini dilakukan untuk memutus mata rantai wabah chikungunya  yang dibawa nyamuk aedes agypty.

Hampir seluruh halaman dan rumah  jadi sasaran petugas. Minimnya kesadaran masyarakat menghadapi musim hujan untuk menjaga kebersihan menjadi pemicu utama mewabahnya penyakit.

"Kita selalu berpesan kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan agar terhindar dari segala penyakit," harap Tuhu Suryono, Kabid Pencegahan dan Penanganan Penyakit Dinkes Bondowoso.

Dilakukannya fogging ini  berdasarkan hasil  laporan  masyarakat tentang wabah penyakit chikungunya yang menyerang lingkungan mereka.

Dengan adanya fogging atau pengasapan ini,  diharapkan dapat mengurangi keresahan warga  akan terjadinya wabah penyakit chikungunya yang saat ini penyebarannya terus meluas. 

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut