get app
inews
Aa Read Next : Wajib Diketahui !! Ini Menu Sehat Untuk Berbuka Puasa Menurut dr. Zaidul Akbar

Bermasalah Dengan Bau Mulut Dan Bau Badan, Coba Konsumsi Dua Bahan Makanan Ini

Senin, 06 November 2023 | 13:18 WIB
header img
dr Zaidul Akbar (Sumber : Instagram)

Bondowoso, iNewsBondowoso - Tidak semua orang bisa percaya diri. Terutama jika memiliki masalah seperti aroma mulut yang kurang sedap atau bau mulut. Selain itu bau badan juga menjadi masalah kepercayaan diri bagi sebagian orang.

 

Dilansir dari akun Instagram @ngajaksehat, Ahli Kesehatan, dr Zaidul Akbar menyampaikan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau mulut dan bau badan dengan menggunakan bahan alami.

 

Menurutnya, penyebab nafas kurang sedap atau bau mulut bukan hanya akibat ada masalah pada mulut, namun juga menjadi indikator adanya masalah pada perut.

 

"Mulut yang bau bukan hanya masalah di mulut saja melainkan di bagian perut juga banyak masalah," kata dr Zaidul Akbar.  

 

Konsumsi makanan yang tidak sehat, bisa mengakibatkan masalah pada perut, sehingga berdampak pada bau badan. Dalam hal ini, makanan yang kita konsumsi bisa menjadi penyebab utama tubuh mengeluarkan bau tak sedap baik melalu keringat di badan atau bau pada mulut.

 

Untuk mengatasi masalah tersebut dr Zaidul Akbar menyarankan tips sehat dengan menganjurkan konsumsi kedua bahan ini.

 

Bahan yang dimaksud seperti mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah-buahan, terutama buah lokal. Cara ini bisa dilakukan selama tiga hari dalam satu minggu untuk melihat perubahan hilangnya bau mulut dan bau badan.

 

Selain itu, dr Zaidul Akbar menyarankan untuk menggunakan deodorant alami guna meringankan bau badan.

 

Deodorant alami perlu digunakan karena makanan bersifat asam yang terus menerus masuk ke dalam tubuh dapat memicu keringat penyebab bau badan. Sehingga selain menjaga pola makan, memanfaatkan bahan alami sebagai deodorant juga penting.

 

Menurut dr Zaidul Akbar deodorant yang ada di pasaran sangat banyak mengandung bahan kimia yang tentunya tidak sehat bagi tubuh bahkan dapat memicu banyak masalah kesehatan.

 

Untuk mencegah kebiasaan menggunakan deodorant, sebaiknya perbaiki pola makan lebih sehat dan juga pilih bahan alami agar bau badan tidak muncul. Namun jika dirasa masih membutuhkan deodorant, maka bisa menggunakan jeruk nipis sebagai deodorant alami.

 

Caranya yaitu ambil air perasan jeruk nipis lalu semprot secukupnya atau gosokan di bagian ketiak menggunakan tangan sebagai pengganti deodorant.

 

dr Zaidul Akbar juga mengingatkan bahwa cara-cara tersebut bisa berhasil apabila mengurangi konsumsi makanan mengandung asam sebagai pemicu bau badan atau bau mulut, seperti jengkol, nasi, minyak, gula dan tepung.

 

Ini karena makanan yang bersifat asam bukan hanya mengakibatkan bau mulut dan bau badan saja, tetapi juga membuat tubuh mudah terserang penyakit.

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut