get app
inews
Aa Read Next : 10 Puskesmas di Bondowoso Raih Akreditasi Paripurna

Luar Biasa !! Inilah Manfaat Jeruk Nipis Untuk Tubuh Yang Jarang Diketahui

Rabu, 19 Juli 2023 | 18:18 WIB
header img
Foto : Ilustrasi

Bondowoso, iNewsBondowoso -   Di Indonesia Jeruk nipis sangat mudah ditemui dan harganya sangat terjangkau. Selain untuk menambah cita rasa pada makanan dan minuman, ada beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh yang bisa didapatkan jika digunakan dan diolah dengan benar. Manfaat jeruk nipis juga telah teruji secara klinis. Sehingga mengkonsumsi jeruk nipis sudah tidak perlu diragukan lagi karena bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Banyaknya manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh berasal dari kandungan nutrisi dari buah tersebut. Kandungan nutrisi dalam jeruk nipis di antaranya vitamin C, protein, kalsium, zat besi, serat dan lain lain.

Lalu apa saja manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh? Melansir dari the Guardian, berikut beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

 

 Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh yang cukup menarik perhatian adalah baik untuk kulit. Jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan yang efektif membantu menjaga kesehatan kulit. Tak jarang, jeruk nipis kerap dimanfaatkan dan diolah menjadi berbagai jenis produk kecantikan.

2. Menurunkan Berat Badan

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu membantu menurunkan berat badan. Ahli gizi merekomendasikan air jeruk nipis untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lebih banyak kalori. Sehingga tak jarang jeruk nipis kerap dikonsumsi saat menjalankan program diet menurunkan berat badan.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jeruk nipis dikenal mempunyai banyak vitamin C dan antioksidan yang memberikan dukungan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga mengkonsumsi air jeruk nipis secara rutin mampu mencegah dan meredakan pilek serta flu.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Jeruk nipis mengandung kadar magnesium dan potasium yang tinggi. Unsur-unsur tersebut membantu mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan. Secara khusus, potasium dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

5. Melindungi dari Anemia

Tak hanya itu, manfaat jeruk nipis untuk kesehatan juga dapat melindungi dari anemia. Pasalnya, jeruk nipis tidak mengandung banyak zat besi, serta karena mengandung vitamin C tinggi yang dapat membantu meningkatkan jumlah zat besi yang dapat diserap tubuh sehingga terhindar dari anemia.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh yang tak boleh terlewatkan yaitu mampu menurunkan risiko kanker. Manfaat jeruk nipis ini tentu sangat menakjubkan dan penting untuk diketahui. Hal tersebut dikarenakan jeruk nipis mengandung flavonoid yang memiliki sifat antikanker yang cukup kuat. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat jeruk nipis tersebut.

Demikian beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh yang penting diketahui.

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut