get app
inews
Aa Read Next : Pj Bupati dan Kapolres Bondowoso Lakukan Pengecekan Sumber Mata Air yang Diduga Tercemar Geothermal

Apa Boleh Konsumsi Air Kelapa Tiap Hari? Simak Dulu Penjelasannya

Kamis, 07 September 2023 | 10:42 WIB
header img
Foto : Ilustrasi (Instagram)

Bondowoso, iNewsBondowoso -  Untuk menjaga tubuh agar tetap bugar dan terhindar dehidrasi, sebagian orang memilih air kelapa sebagai penghilang dahaga terutama di cuaca yang semakin terik. Minuman segar dan alami dianggap mengandung rendah gula dan rendah kalori, sehingga banyak diminati oleh semua kalangan.

Dilansir oleh Prevention seorang Ahli gizi sekaligus konsultan nutrisi Sarah Olszewski, M.S., R.D.N., membenarkan hal tersebut.  Menurutnya, kandungan kalori pada air kelapa lebih rendah dibandingkan jus dan soda. Tetapi dalam upaya menurunkan berat badan, konsumsi air putih jauh lebih baik sebab bebas kalori.

Olszewski mengatakan, mengganti minuman berkalori tinggi dengan air kelapa bisa menjadi pilihan yang lebih sehat bagi individu yang ingin mengatur berat badannya.

Academy of Nutrition and Dietetics merekomendasikan pria dan wanita masing-masing minum air kelapa sekitar 9 sampai 13 cangkir per hari. Alasannya karena 95% air kelapa mengandung air sehingga mampu membantu tubuh manusia agar tetap hidrasi.

"Minum air kelapa setiap hari menjadi bagian dari pola makan sehat terutama bagi mereka yang tinggal di wilayah iklim panas dan banyak berolahraga," kata Olszewski.

Namun sebagian orang dengan kondisi kesehatan tertentu juga harus berhati-hati dalam mengatur jumlah konsumsi air kelapa. Sebab dalam air kelapa mengandung potasium yang bisa menyebabkan tekanan berlebihan pada ginjal yang rentan.

Pakar Gizi dari UTHealth Houston School of Public Healt Folores Woods, RDN seperti disiarkan USA Today beberapa waktu lalu mengatakan air kelapa tidak bebas kalori.

Air kelapa juga boleh diminum setiap hari. Tapi jika seseorang telah mendapatkan elektrolit dari sumber lain dalam makanan, maka kecil kemungkinan air kelapa akan memberikan manfaat tambahan dibandingkan air putih.

Dijelaskan juga oleh Mayo Clinic tentang  air kelapa yang mengandung elektrolit seperti natrium, potasium, dan mangan. Selain itu air kelapa juga bersifat rehidrasi, terutama saat seseorang melakukan olahraga berat dan dalam suhu yang lebih tinggi.

Sebagian orang lebih menyukai rasa air kelapa dibandingkan rasa air putih yang netral. Air kelapa juga bisa dikombinasi dengan minuman lain dengan tujuan untuk menambahkan elektrolit.

Beberapa produk air kelapa kemasan mengandung gula atau pemanis buatan yang sebagian orang justru sensitif terhadapnya. Tapi sebagian orang berpendapat bahwa mengkonsumsi air kelapa tanpa tambahan gula terasa kurang nikmat dan ini tergantung selera masing-masing penikmat air kelapa.

Kesimpulan dari beberapa pendapat diatas, mengkonsumsi air kelapa di musim panas menjadi pilihan tepat dengan kandungannya mampu menyegarkan dan menghidrasi tubuh.

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut