get app
inews
Aa Read Next : Banjir Rob Melanda Wilayah Pesisir Situbondo, Sembilan Kandang Sapi Rusak Berat

Diterjang Banjir Bandang dan Longsor, Jalur Kawah Ijen Bondowoso Terputus

Selasa, 04 April 2023 | 10:13 WIB
header img
Longsor Yang Menutup Akses Jalan Menuju Kawasan Ijen Bondowoso

Bondowoso, iNewsBondowoso.id-  Intensitas hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten Bondowoso menyebabkan sejumlah kejadian di wilayah Kecamatan Sempol Ijen. Kejadian tersebut yaitu  banjir bandang dan longsor yang menyebabkan jalur Kawah Ijen Bondowoso terputus total.

Hujan sepanjang hari senin membuat jalur menuju wisata Kawah Ijen Bondowoso terputus. Putusnya jalur Bondowoso - Banyuwangi via Kawah Ijen ini karena jalan utama tersebut tertutup material longsor.

Titik longsor terjadi di Malabar tidak jauh dari portal masuk Sempol Ijen Bondowoso kawasan PTPN 12. Longsoran berasal dari tebing atau lereng  diatas Jalan raya kawasan Ijen sepanjang 100 meter.

Besarnya longsoran menyebabkan kendaraan dari Dua arah tidak bisa melintas dan lumpuh total. Sementara itu dalam waktu hampir bersamaan banjir bandang juga terjadi di Desa Sempol. Air dari kawasan hulu  meluap hingga memenuhi jalan. Beruntung air tidak menerjang pemukiman warga hanya di jalan raya saja.

"Intensitas hujan memang tinggi di wilayah Bondowoso, kepada masyarakat kami menghimbau agar selalu waspada akan terjadinya bencana alam yang mungkin terjadI," ujar Dadan kurniawan, Kalaksa BPBD Kabupaten Bondowoso.


Petugas BPBD Kabupaten Bondowoso saat ini terus melakukan Assesment dan pendataan. 

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut