get app
inews
Aa Read Next : Kawasan Wisata Kawah Wurung Ijen Terbakar

Petani Kawasan Ijen  Blokade Jalan, Perhutani Tunjuk Perusahaan Untuk Reboisasi

Sabtu, 11 Maret 2023 | 17:58 WIB
header img
Para Petani Berkumpul di Lahan Pertanian Hortikultura

Bondowoso, iNewsBondowoso.id-  Sejumlah petani di Kawasan Ijen memblolade jalan menuju lahan pertanian. Aksi ini dipicu sengketa lahan antara petani, Perusahaan swasta dan Perhutani.

Menurut  Pihak Perhutani lahan yang digarap  perusahaan merupakan lahan yang tak dimanfaatkan atau lahan tidur. Lahan seluas 26,5 hektar di  petak 88  sesuai dengan surat perjanjian memang dikelola warga melalui LMDH (lembaga masyarakat desa hutan) setempat.

Tapi dalam perjalanannya, lahan tersebut  terbengkalai sehingga dikelola oleh perusahaan yang memang ditunjuk oleh Perhutani, yakni PT MIT.

"Perusahaan ini melakukan percepatan reboisasi lahan berupa kopi sertifikasi organik dan tanaman hortikultura lainnya," ujar Administratur Perum Perhutani KPH Bondowoso, Andi Adrian.

Perhutani juga telah melakukan musyawarah dengan para pihak  yaitu PT MIT dan LMDH yang membawahi 16 petani penggarap di kawasan petak 88 tersebut. Dihasilkan 3 alternatif solusi bagi para petani penggarap yang menggarap lahan di sana.

Ketiga solusi tersebut yaitu, penggarap diberi lahan pengganti, penggarap diperbolehkan ikut andil di lahan yang dikelola perusahaan dengan catatan ikut aturan perusahaan, atau bisa terlibat mengelola lahan perusahaan ditambah diberi lahan garapan lagi.

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut