get app
inews
Aa Read Next : Kawasan Wisata Kawah Wurung Ijen Terbakar

Sengketa Lahan, Petani di Kawasan Ijen Blokade Akses jalan

Jum'at, 10 Maret 2023 | 09:59 WIB
header img
Petani Kawasan Ijen saat Blokade Jalan

Bondowoso, iNewsBondowoso.id-  Sejumlah petani penggarap lahan pertanian di wilayah Gunung Ijen melakukan aksi menutup akses Jalan di kawasan tersebut. Penutupan dilakukan sebagai aksi protes terhadap Perhutani akibat sengketa lahan dengan sebuah Perusahan swasta.

Beginilah sejumlah petani yang berkumpul di daerah sengketa lahan. Dalam aksinya mereka memasang barikade berupa pohon yang sengaja ditebang.  Kayu-kayu dan ranting tersebut diletakkan di tengah jalan menuju Petak 88 dan sekitarnya atau dikenal sebagai kawasan Curah Penai.

Akibat aksi penutupan Jalan tersebut, akses menuju kawasan pertanian sayur-mayur tertutup dan tidak bisa dilalui. Tidak hanya melintangkan pohon, Belasan petani berasal dari Kawasan Ijen dan sekitarnya ini  juga berjaga - jaga. Mereka menyuruh memutar balik siapapun yang hendak melintas.

Pemicu persoalan ini adalah sengketa lahan. Petani  sekitar Ijen yang biasanya menanam tanaman hortikultura di kawasan Ijen,kali ini dilarang  setelah ada perusahaan yang ditunjuk Perhutani masuk. Akibatnya para petani kehilangan lahan garapannya. Para petani penggarap awalnya sempat dijanjikan lahan baru oleh Perhutani Bondowoso, namun hingga kini janji tersebut hanya kosong belaka.

"Selama ini kami tak pernah diajak ngomong maupun sosialisasi tentang alih garap itu. Tahu-tahu sudah ditraktor oleh perusahaan pengelola," ujar Ahmad Yudi, Petani setempat.

Perusahaan swasta yang ditunjuk oleh Perhutani saat ini menggarap lahan seluas sekitar 200 Hektare. Sebagian besar luasan lahan tersebut saat ini digarap warga sekitar.

Bahkan warga penggarap yang mengelola lahan sejak Puluhan Tahun tersebut juga membuat jalan masuk menuju lokasi yang dilakukan secara swadaya.

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut