Puluhan Biker Adventure Jelajahi Alam Gunung Raung Bondowoso

Riski Amirul Ahmad
.
Minggu, 27 November 2022 | 12:55 WIB
Para Bikers Saat melewati Jalur Menuju Kawasan Gunung Raung

Bondowoso, iNewsBondowoso.id – Puluhan pecinta motor adventure  mencoba menaklukkan jalur yang ada di kaki gunung raung. Bikers dari berbagai kota di Indonesia ini datang untuk menikmati keindahan alam kawasan gunung raung, sehingga mereka ingin melihatnya langsung keindahan panorama alam sekaligus mencoba medan berat di kawasan hutan.

Menempuh jarak 80 kilometer, sebelum masuk area kawasan hutan, para bikers dari Bali,Jakarta dan kota di Jawa Barat ini lebih dahulu dimanjakan dengan eksotika alam dengan hamparan persawahan milik masyarakat. Sesekali mereka berhenti dan langsung mengabadikannya lewat sebuah foto serta video.

“Alamnya disini bagus sekali, udaranya sangat sejuk dengan hamparan persawahan yang membuat kita betah berlama lama disini untuk melihat keindahan,” kata Ichwan Dwi Cahyono,salah satu peserta adventure.

Bikers kemudian melanjutkan perjalannnya melintasi jalan yang basah dan licin menuju kaki gunung raung.

Tiba di kaki gunung raung, satu persatu biker melintas perlahan lahan dijlaur lumpur dan penuh dengan semak semak, beberapa diantara mereka jatuh saat roda belakang motor tergelincir dikubangan lumpur pekat. “kita saling bantu agar rekan kita yang jatuh maupun terjebak lumpur bisa tetap melanjutkan perjalanan bersama sama,”tambah Ichwan disela sela mendorong motor.

Jalur di kawasan beriklim basah seperti hutan pinus dan hutan bambu yang setiap hari menjadi jalan bagi warga keluar masuk hutan dilalui juga oleh bikers tersebut.

Karena baru pertama lewat di kawasan hutan kaki gunung raung, banyak bikers yang berhenti dan duduk di hutan untuk menikmati alam yang ada di bondowoso.

Suara mesin motor saling bersahutan di dalam hutan, mereka para bikers yang mencoba melintas di track menantang.

Pada adventure selama dua hari juga diikuti dengan kegiatan melepas liarkan berbagai jenis burung yang habitatnya selama ini di kaki gunung raung seperti merpati dan perkutut yang banyak ditemui ditengah area hutan. “kita melepas berbaga jenis burung yang habitatnya di gunung raung, ini untuk menjaga dan melestarikan alam kawasan hutan,”ujar Airul, panitia adventure.

Dan di kecamatan Tlogosari, bondowoso bikers berhenti di rumah salah seorang warga untuk memberikan donasi pembangunan kamar mandi atau MCK. Dengan donasi untuk pembangunan tersebut diharapkan warga sekitar gunung raung terus menjaga pola hidup bersih dan sehat yang manfaatnya bisa dirasakan oleh warga itu sendiri.

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News

Bagikan Artikel Ini