get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan Beruntun Jalur Pantura Situbondo,  4 Orang Tewas

Pemilu 2024 di Tapal Kuda, Kiai Situbondo dan Probolinggo Masih Jadi Kiblat Politik

Selasa, 04 Oktober 2022 | 10:22 WIB
header img
Sejumlah Kiai dan pesantren besar di Situbondo dan Probolinggo masih menjadi kiblat politik.

BONDOWOSO, iNewsBondowoso.id - Menjelang Pemilu serentak di 2024, Kiai dan Pesantren besar di Situbondo dan Probolinggo masih menjadi kiblat politik di wilayah Tapal Kuda yang meliputi Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi dan Probolinggo. 

Hal tersebut sebagaimana dikemukakan oleh dosen politik UIN Surabaya asal Bondowoso, Saiful Bahar. Menurut dia, kiai dan Pesantren besar memiliki pengaruh yang cukup besar untuk mendulang suara.

"Iya, voting behavior masyarakat termasuk Bondowoso tak banyak berubah. Pengaruh kiai dan pesantren sangat kuat, terutama kiai dan pesantren yang memiliki santri dan alumni serta jamaah," ujar alumni Ponpes Nurul Jadid Paiton, Probolinggo ini, Selasa (03/10/2022) ketika dihubungi melalui saluran telepon seluler.

Para kiai, kata Bahar, tetap akan menjadi kiblat politik bagi politisi dan partai politik, kiai dan pesantren tetap jadi pendulang suara.

"Karena masyarakat baik itu masyarakat biasa, maupun kelas 'bajingan' selalu tunduk dan patuh terhadap petuah kiai," katanya.

Hal senada juga dikemukakan oleh Subhan Ali, pengamat kebijakan publik Jember ini mengatakan bahwa dalam sejarah wali songo pun, para wali juga kerap kali ikut terjun langsung dan mereka selalu dimintai pendapat oleh para raja sebelum mereka mengeluarkan sebuah kebijakan.

"Jadi meskipun dalam urusan politik, kiai harus memberikan warna agar roda pemerintahan nanti tidak melenceng," ujarnya.

Editor : Taufik Hidayat

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut