Ajarkan Jiwa Berpolitik, Puluhan Siswa SMA IT Insan Cemerlang Kunjungi DPRD Bondowoso

Riski Amirul
Sejumlah Siswa SMAIT Saat Menyimak Materi Dari Sekretariat DPRD Bondowoso

Bondowoso, INewsBondowoso -  Guna memenuhi program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), sejumlah siswa SMA IT  Insan Cemerlang Bondowoso melakukan kunjungan belajar ke kantor DPRD setempat.

Dengan didampingi guru, sebanyak 38 siswa SMA IT  mengikuti kegiatan ini. Mereka diterima langsung oleh  Sekretaris Dewan DPRD Bondowoso, Sholikin, S.Pd, SH, M.Si.

Kegiatan ini untuk memenuhi program P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). P5 merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila

Sejumlah siswa antusias dan bersemangat mengikuti program belajar ini, karena ilmu dan skill berpolitik yang sehat sangat dibutuhkan untuk generasi masa kini.

Saat ini lebih banyak anak muda yang memilih apatis terhadap perubahan dan enggan menjadi pemimpin karena krisis ilmu politik yang baik dan benar.


Sholikin S.H., M.Si memaparkan terkait bagian pemerintahan beserta fungsinya dan pengambilan keputusannya. Mulai dari DPR RI yang bertugas membuat Undang-Undang. Sedangkan DPRD bertugas untuk pembentukan Peraturan Daerah (PERDA).

Badan Musyawarah bertugas mengkoordinasikan sinkronisasi penyusunan rencana kerja tahunan dan Lima tahunan DPRD dari seluruh rencana kerja alat kelengkapan DPRD.

Bamus juga memberikan pendapat kepada Pimpinan DPRD dalam menentukan garis kebijakan pelaksanan tugas dan wewenang DPRD,  meminta dan/atau memberikan kesempatan kepada alat kelengkapan DPRD yang lain untuk memberikan keterangan atau penjelasan mengenai pelaksanaan tugas masing-masing.

Sholikin menambahkan jika Badan musyawarah DPRD juga bertugas menetapkan jadwal acara rapat DPRD,  memberikan saran atau pendapat untuk memperlancar kegiatan DPRD,  merekomendasikan pembentukan panitia khusus, dan melaksanakan tugas lain yang diputuskan dalam rapat paripurna.

Sementara Badan Kehormatan bertugas mengawasi permasalahan DPR yang melanggar peraturan. Komisi 1: Pemimpin dan Hukum, Komisi 2: Ekonomi dan Keuangan, Komisi 3: Pembangunan, Komisi 4: Kesejahteraan Sosial dan Pendidikan.

Sedangkan tugas Bupati mengeksekusi yang sudah dirancang oleh DPR karena tugas DPR membahas atau menyetujui setiap keputusan.

Seluruh siswa tampak sangat antusias mencatat semua yang disampaikan. Diharapkan nantinya para siswa bisa lebih mengetahui lagi seluk beluk badan legislatif ini.

“Tentu harapan kami, melalui kegiatan ini para siswa SMA IT mampu menginspirasi siswa lainnya untuk berperan aktif menjadi Warga Negara Indonesia yang bertanggung jawab dan memiliki sikap demokrasi yang baik sebagai calon pemimpin," ucap Yesi, Guru SMA IT Insan Cemerlang Bondowoso.

Kegiatan ini akan rutin dilakukan secara kontinyu kepada sejumlah siswa. 



Editor : Riski Amirul Ahmad

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network