get app
inews
Aa Read Next : Gubernur Jatim Panen Perdana Padi BK, Harapkan Situbondo Menjadi Lumbung Padi Nasional

Kenalkan Padi BK 01 Agritan, Pj Gubernur Jatim Panen Raya Padi di Situbondo

Senin, 26 Agustus 2024 | 19:32 WIB
header img
Pj Gubernur Jatim Bersama Bupati Situbondo Saat Melakukan Panen Raya Padi BK 01 Agritan

Situbondo, INewsBondowoso - Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono melakukan panen raya padi di Situbondo. Panen raya di tempat ini sengaja dilakukan karena memiliki padi varietas unggulan yaitu BK 01 Agritan.

Didampingi Bupati Situbondo Drs. Karna Suswandi MM, Pj Gubernur Jatim  naik mesin traktor pemotong padi. Selain itu Adhy Karyono juga turun langsung ke sawah memegang sabit pemotong padi


Aksi yang dilakukan Pj Gubernur Jawa Timur di tengah teriknya matahari tersebut merupakan penanda dimulainya musim panen padi di kawasan Situbondo.

Varietas baru asal Situbondo ini menjadi harapan baru Jawa Timur, dalam berkontribusi menjadi lumbung padi nasional.

"Harus disyukuri, karena Situbondo memiliki varietas padi unggulan. Saya sangat mengapresiasi terobosan yang dilakukan bupati Situbondo. Karena dapat mendukung Jawa Timur sebagai lumbung padi nasional, " ucap Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono.

Sementara Bupati Situbondo Karna Suswandi mengaku jika upaya meningkatkan produksi padi di Situbondo terus dilakukan. Di antaranya dengan membuat terobosan menciptakan varietas baru.

"Beberapa saat lalu, kami pernah melakukan terobosan varietas baru. Namun karena ada beberapa kelemahan lalu melakukan kami terobosan lagi," katanya.

Padi unggulan di asal Situbondo merupakan varietas yang baru dihasilkan. Namanya padi BK 01 Agritan. Varietas tersebut telah diuji di Balai Penelitian Padi di Subang.

Keunggulan varietas baru tersebut diantaranya dapat menghasilkan sedikitnya 8 ton per hektar. Padahal, normalnya varietas umumnya hanya sekitar 5-6 ton per hektar.

Pun usia tanam hingga siap panen hanya sekitar 75-an hari. Dengan kalkulasi tersebut, berarti dalam 1 tahun dapat memproduksi 4 kali.

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut