get app
inews
Aa Read Next : Jelang Idul Adha, Harga Sapi dan Kambing di Bondowoso Naik Drastis

Jelang Idul Adha, Petugas Sidak Hewan Kurban di Lapak Penjualan

Sabtu, 15 Juni 2024 | 18:04 WIB
header img
Petugas Keswan Saat Memeriksa Hewan Sapi

Bondowoso, INewsBondowoso - Petugas dari bidang kesehatan hewan di Kabupaten Bondowoso sidak seluruh hewan kurban di lapak penjualan.

Para dokter hewan menghimbau pedagang untuk memisahkan hewan yang terindikasi terserang penyakit dan segera melapor kepada petugas untuk mendapat penanganan.

Inspeksi mendadak ini menyasar lapak atau tempat penjualan hewan kurban yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Bondowoso. Terfokus pada penjual dengan kapasitas besar seperti di bursa hewan Al- Fajri Kelurahan Badean Kecamatan Kota Bondowoso ini misalnya.

Petugas yang datang menanyakan jumlah dan asal hewan kurban yang dijual baik sapi maupun kambing domba. Para petugas medis dari bidang keswan Dinas Peternakan Perikanan  Bondowoso langsung memeriksa satu persatu hewan kurban dagangan. 

Pemeriksaan kesehatan secara detail mulai dari kondisi kulit, mata dan mulut. Poelnya gigi pun tak luput dari pengecekan petugas karena bila tak poel kambing tidak bisa dijadikan hewan kurban.

Menurut Cendy Herdiawan,  Kepala bidang keswan dinas peternakan bondowoso. Sidak hewan kurban ini dilakukan untuk memastikan kesehatan hewan yang dijual terbebas dari penyakit dan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

"Kami terus melakukan pemeriksaan secara berkala untuk memastikan hewan kurban aman dan nyaman untuk dikonsumsi masyarakat, " ujarnya.

Petugas menghimbau kepada penjual jika ada hewan tidak sehat dengan tanda-tanda kotor di bagian anus, mata merah, dan tidak bernafsu makan agar hewan tersebut dipisahkan dari yang lain.

Selain meminimalisir penularan  juga agar segera mendapatkan penanganan dari petugas kesehatan hewan terdekat.

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut