get app
inews
Aa Read Next : Berkah Ramadhan, Polisi Bagikan Takjil Kepada Pengendara di Mako Polres Bondowoso

Semarakkan Ramadhan, Puluhan Siswa SMP IT dan SMA IT Insan Cemerlang Ikuti Dauroh Qur'an

Sabtu, 06 April 2024 | 16:06 WIB
header img
Para Siswi SMP IT Dan SMA IT Insan Cemerlang Saat Ikuti Kegiatan Dauroh Qur'an

Bondowoso, iNewsBondowoso -  Bulan Ramadhan 1445 H tentu menjadi momen spesial bagi seluruh umat muslim. Bagaimana tidak? Bulan Ramadhan memiliki banyak sekali keutamaan salah satunya bulan Al-Qur'an.

Banyak cara menyemarakkan bulan Ramadhan dengan beragam agenda, salah satunya Dauroh Qur'an. Agenda Ramadhan menjadi momen istimewa karena berlimpah keberkahan dan berlipat ganda pahala yang diberikan pada bulan tersebut.

Sebanyak 90 siswa yang terdiri dari siswa SMP IT Bina Insan Cemerlang dan SMA IT Insan Cemerlang Bondowoso melaksanakan Dauroh Qur'an yang berlokasi di Pondok Pesantren Darul Istiqomah, Bondowoso. Karena siswa siswi meyakini bahwa bulan Ramadhan juga bulannya Al-Qur'an.

Dauroh Qur'an tersebut berlangsung dari 27-29 Maret 2024 dengan menghadirkan pemateri yang sudah level nasional dalam hal Al - Qur'an bersama santrinya. Yaitu KH. Abu Hasanuddin, S.Pd., Al-Hafidz yang merupakan pimpinan dari Pondok Pesantren Ibnu Katsir Jember.

Materi yang diberikan pun sangat menarik, yaitu berkaitan dengan parenting Qur'ani generasi Z yang ditujukan kepada seluruh wali murid. Ditengah gempuran distraksi yang mengikis akhlaq pemuda diluar sana.

Ust. Abu memaparkan urgensi memberikan pemahaman Al-Qur'an bagi anak sebagai syafaat bagi orangtuanya kelak. Tak hanya itu, pemateri yang didatangkan juga adalah Ustadz Abdul Wahid, Lc. Selaku mudir Pondok Pesantren Al-Choliq Jember.

Bertemakan "Motivasi Menjadi Hafidz dan Hafidzah" tentu agar seluruh siswa SMP IT dan SMA IT tersebut paham bahwa menjadi hafidz dan hafidzah merupakan sebuah kemuliaan seorang muslim dan juga mampu memberikan mahkota bagi orangtuanya kelak di akhirat.

Ditutup dengan muhasabah, acara Dauroh Qur'an berlangsung dengan khidmat karena seluruh siswa benar-benar fokus pada agenda dan dilarang untuk memegang handphone.

"Setelah 3 hari mengikuti Dauroh Qur'an, harapan kami kegiatan ini dapat membantu kami meningkatkan hafalan Al-Qur'an dan selalu dekat dengan Al-Qur'an.  Dengan fokus selama 3 hari tanpa memegang handphone. Peserta dauroh dapat menghabiskan waktu lebih banyak untuk menghafalkan ayat-ayat baru. Pada kegiatan ini, kami mendapatkan bimbingan bacaan tajwid beserta makhroj nya sehingga kami dapat membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar," ungkap Alifia Juneta, Siswa Kelas X SMA IT Insan Cemerlang Bondowoso.

Salah satu guru SMP IT Bina Insan Cemerlang  juga mengatakan, kegiatan yang  dilaksanakan di lingkungan Pondok Pesantren Darul Istiqomah ini  menjadikan seorang santri yang sebenarnya.

"Menjadi salah satu kewajiban kami para guru untuk selalu memberikan yg terbaik bagi anak didik kami. Salah satu hal baik itu adalah menghadirkan Al-Qur'an dalam hati anak didik kami. Menjadikan Al-Qur'an sebagai sahabat untuk anak didik kami melalui program Dauroh Qur'an ini. Ketika Al Qur'an telah melekat dalam hati anak didik, Insya Allah segala nasihat baik akan mudah diterima oleh mereka. Nasihat baik bagaimana berakhlaq pada orang tua maupun pada guru sesuai yang Islam syariatkan," ujar Ibu Yesi,  Selaku Perwakilan Guru.

Diharapkan semangat untuk guru dan siswa memaksimalkan Ramadhan dan pasca Ramadhan dengan menghadirkan Al-Qur'an di hati dan terpatri sampai akhir hayat.

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut