get app
inews
Aa Read Next : Sekolah SDN Pakisan 04 Ambruk Akibat Angin dan Hujan Deras

Puluhan Siswa SMA IT Insan Cemerlang Bondowoso Asah Skill Dengan Program Urban Class

Sabtu, 16 Desember 2023 | 15:54 WIB
header img
Para Siswa SMA IT Insan Cemerlang Saat Mengikuti Kegiatan Urban Class

Bondowoso, iNewsBondowoso -  Puluhan siswa SMA IT Insan Cemerlang Bondowoso, melaksanakan Urban Class yang berlokasi di Kota Surabaya pada 12-13 Desember 2023. Kegiatan ini melibatkan sebanyak 32 siswa. Para siswa mengaku sangat senang mengikuti kegiatan ini.

Istilah "Urban" merujuk kepada segala sesuatu yang terkait dengan kota atau kehidupan perkotaan. Daerah urban merupakan Kawasan pusat pemukiman padat penduduk, pelayanan jasa pemerintahan, pelayanan sosial, pendidikan dan kegiatan ekonomi.

Rangkaian program yang dilaksanakan yaitu jelajah kota dengan mencoba berbagai alat transportasi, destinasi kantor JSIT, Museum Tugu Surabaya dan Tunjungan Plaza.

Para siswa dapat menyaksikan langsung bagaimana kehidupan urban lalu melakukan analisis perbedaan antara interaksi urban dengan daerah asal.

Urban Class merupakan salah satu program sekolah yang memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengunjungi daerah perkotaan secara berkelompok dengan menggunakan transportasi umum.

Melalui kegiatan ini diharapkan siswa bisa melihat dan mengalami langsung kondisi perkotaan yang sangat kompleks, sehingga nantinya peserta didik bisa mengambil banyak pengalaman dan pelajaran tentang dinamika kehidupan di daerah perkotaan.


Pengalaman dan pelajaran yang dimaksud yaitu:

1. Pengalaman Kultural

Daerah urban seringkali menawarkan beragam pengalaman kultural, termasuk pertunjukan seni, museum, festival, dan acara budaya lainnya. Ini dapat memberikan wawasan tentang keragaman budaya yang lebih besar.

2. Pendidikan dan Pengetahuan

Kota besar sering memiliki lembaga pendidikan tinggi, perpustakaan besar, dan pusat penelitian. Berkunjung ke daerah urban dapat memberikan akses ke sumber daya pendidikan dan pengetahuan yang lebih beragam.

3. Teknologi dan Inovasi

Kota besar sering menjadi pusat inovasi dan teknologi. Berkunjung ke daerah urban dapat memberikan wawasan tentang perkembangan teknologi terkini dan cara teknologi memengaruhi kehidupan sehari-hari.

4. Pengalaman Transportasi Umum

Berkunjung ke daerah urban bisa memberikan pengalaman menggunakan transportasi umum yang lebih sering tersedia dan beragam.

5. Wawasan Ekonomi dan Sosial

Mengunjungi daerah urban dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang dinamika ekonomi dan sosial yang mungkin berbeda dengan kondisi di pedesaan.

Para siswa mengaku kegiatan ini sangat menyenangkan sekali, karena bisa menambah wawasan dan pengalaman tentang kehidupan kota besar.


"Saya sangat bersyukur bisa menjadi salah satu peserta Urban Class. Dengan kegiatan ini saya belajar banyak hal tentang kehidupan luar, seperti bagaimana bersosialisasi, mengelola uang, waktu, dan tenaga, dan masih banyak hal-hal kecil yang bisa saya maknai. Saya berharap Urban Class dilaksanakan rutin setiap tahunnya, karena ada keseruan tersendiri saat kami melaksanakan Urban Class meskipun banyak problem yang terjadi tetapi disitu lah kami bisa banyak belajar", ujar Haura Nadhifah,  Peserta Didik Dari Kelas Alexandria.

Sementara itu para orangtua siswa sangat mengapresiasi giat urban class karena mendidik anak mereka menjadi insan yang mandiri.

"Alhamdulillah, terimakasih kepada bapak dan ibu guru. Semoga seluruh siswa jadi anak yang mandiri, disiplin dan bertanggung jawab kelak", harap Misbahul Ulum, Wali Murid.


Kegiatan ini akan rutin digelar sebagai pemahaman dan nilai positif kehidupan bagi para siswa SMA IT Insan Cemerlang. 

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut