get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Hal Negatif, Koptu Ferdi Bangun Silaturahmi Bersama Masyarakat

Latgab Garuda Shield 2023, Serangan  Jet Tempur F16 dan Tank Amphibi Lumpuhkan Musuh

Senin, 11 September 2023 | 11:36 WIB
header img
TNI Menembakkan Rudal MLRS Vampire

Situbondo, iNewsBondowoso -   Memasuki puncak latihan gabungan, pasukan TNI angkatan laut indonesia dan Negara Indo Pasifik menggelar serbuan pantai amphibi di Pantai Banongan Situbondo.

Tank - tank canggih milik US Navy dan Ratusan pasukan mendarat dengan bantuan tembakan pesawat F16 dan 2 kapal perang KRI. Pertempuran sengit juga terjadi di darat hingga berhasil menguasai pantai.

Gempuran dua pesawat F16 ini mengawali serbuan tumpuan pantai dalam operasi amphibi pasukan gabungan TNI angkatan laut Indonesia dengan Negara Indo Pasifik di Pantai Banongan Situbondo.

Dipimpin angkatan laut indonesia, secara simultan tank - tank amphibi pun langsung melakukan pendaratan dari kapal perang KRI ke pantai. Tak hanya tank amphibi marinir, sejumlah tank amphibi Amerika dan Jepang serta Australia juga ikut melakukan pendaratan.

Ratusan prajurit kavaleri yang turun dari tank pun langsung melakukan penetrasi melawan musuh di darat. Pertempuran sengit pun terjadi lantaran pasukan TNI  tiba - tiba diserbu pasukan musuh.

Pasukan US Army, tentara Australia, Jepang dan Singapura pun langsung melakukan serbuan bantuan untuk melindungi wilayah NKRI. Dentuman Roket Rudal Howitzer dan MLRS Vampire pun diluncurkan untuk menggempur pertahanan musuh.

Dalam hitungan menit pasukan gabungan indo pasifik ini pun berhasil melumpuhkan musuh yang menguasai pantai. Pertempuran sengit ini merupakan latihan pendaratan amphibi dalam rangkaian Garuda Shield 2023.


" Kegiatan ini merupakan latihan gabungan antarnegara untuk memperluas kemitraan dan membangun kemampuan pertahanan kita agar lebih baik," ungkap  Laksamana. Yudo Margono Panglima TNI.


Latihan pertempuran pendaratan amphibi di pantai Banongan ini merupakan rangkaian latgab angkatan perang 7 Negara dan 12 Negara pemantau Indo Pasifik.

Pertempuran tumpuan pantai ini akan menjadi rangkaian penutup dengan puncak serbuan lintas udara darat dan laut. Selain sukses menggelar Garuda Shield 2023, Panglima TNI juga memastikan akan melakukan latihan bersama Negara Asean pada Oktober mendatang.






Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut