get app
inews
Aa Read Next : 9 Partai Non Parlemen Minta Bambang Soekwanto Maju Pilkada Bondowoso 2024

Ratusan Santri Ponpes Derita Muntaber, Dinkes Bondowoso Tetapkan KLB

Selasa, 04 Juli 2023 | 17:16 WIB
header img
Salah Satu Santriwati Saat Mendapatkan Perawatan Medis

Bondowoso, iNewsBondowoso - Ratusan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Kauman Al Hasani Kota Bondowoso mengalami sakit muntaber. Sejumlah santri yang mengalami gejala cukup serius dilakukan perawatan intensif di sejumlah Puskesmas dan Rumah Sakit terdekat.

Dinas Kesehatan Bondowoso belum menemukan penyebab pasti dari kejadian ini. Namun peristiwa tersebut ditetapkan dengan status Kejadian Luar Biasa (KLB).

Di lokasi saat ini terlihat  beberapa petugas kesehatan  mendatangi pondok untuk mengecek dan  menjemput para santri yang mengalami sakit. Petugas membawa mobil ambulans dan beberapa alat medis serta obat - obatan.

Para santriwati  awalnya mengeluhkan sakit di bagian perut disertai muntah dan diare. Selain itu mereka juga mengalami demam dan lemas akibat dehidrasi.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Bondowoso, Tuhu Suryono mengatakan hingga saat ini telah 112 santri yang telah mendapatkan penanganan medis dan mulai sembuh.  Dari total 112 santri yang sakit,  71 menjalani rawat inap dan 41 menjalani rawat jalan.

"Hingga saat total ada 112 santri yang menderita muntaber, kami juga telah mengambil sampel makanan untuk di periksa di Laboratorium," ungkapnya.

Sebagian santri telah dipulangkan dan menjalani rawat jalan. Namun yang terindikasi gejala mengkhawatirkan hingga dehidrasi dilakukan penambahan cairan lewat infus dan harus rawat inap.

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut