get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Tradisi Ojung Warga Desa Blimbing Untuk Meminta Keberkahan

Ojung, Ritual  Meminta Hujan di Musim Kemarau

Senin, 03 Juli 2023 | 19:38 WIB
header img
Foto : Instagram @discoverbondowoso

Bondowoso, iNewsBondowoso -    Hujan adalah peristiwa alam yang bisa membasahi bumi dengan tetesan airnya dan tentu sangat didambakan bagi semua makhluk hidup terutama saat musim kemarau saat ini.

Hujan juga sangat penting bagi kehidupan manusia, namun biasanya jika sudah memasuki musim kemarau, hujan akan sangat jarang terjadi hingga akhirnya menyebabkan kekeringan yang tentu akan membawa bencana.


Di Negara Indonesia kultur budaya masih kuat. Salah satunya yakni dengan melakukan ritual untuk mendatangkan hujan. Ritual unik ini disebut ojung, biasanya akan dilakukan oleh masyarakat yang ada di beberapa daerah yang masih menerapkan budaya tersebut. Salah satunya kabupaten Bondowoso tepatnya Desa Klabang.

Tradisi turun-temurun bernama ojung ini masih rutin dilakukan oleh masyarakat setempat setiap setahun sekali tepatnya saat musim kemarau tiba dengan tujuan untuk meminta hujan.

Kesenian Ojung merupakan kesenian asli dari Pulau Madura.  Namun karena masyarakat Bondowoso yang notabene penduduk aslinya adalah keturunan suku Madura maka juga ikut melestarikan kesenian tersebut.

Ritual ojung merupakan sejenis permainan yang diiringi dengan musik khas tentunya jarang dijumpai pada daerah lain. Dalam permainannya ojung melibatkan dua orang yang wajib bertelanjang dada dan nantinya beradu fisik dengan saling memukulkan rotan  kepada lawannya.

Sambil menari mengikuti irama musik yang dimainkan kedua pemain biasanya akan saling mendekat untuk mencari celah agar bisa memukulkan rotannya masing-masing kebagian tubuh dada atau punggung lawan.

Pemenang ojung yaitu yang paling banyak pukulannya hingga punggung lawan terluka. Kebanyakan hadiah yang diberikan yaitu uang tunai dan juga kaos ataupun sarung. 

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut