get app
inews
Aa Read Next : H-1 Idul Fitri, PJ Bupati Bondowoso  Lakukan Sidak ke Sejumlah Titik Perbaikan Jalan Rusak

Antisipasi Penyakit,  Petugas Sidak Hewan Kurban di Kandang Ternak

Senin, 26 Juni 2023 | 14:29 WIB
header img
Petugas Keswan Saat Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Hewan Ternak

Bondowoso, iNewsBondowoso -   Jelang idul adha beberapa hari lagi, petugas Bidang Kesehatan Hewan (Keswan)  Dinas Pertanian Bondowoso melakukan sidak seluruh hewan kurban di kandang hewan. Petugas  melarang keras menjual hewan berpenyakit.

Inspeksi mendadak hewan kurban ini  digelar bidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner Dinas Pertanian Bondowoso. Sidak terfokus pada lokasi kandang sapi dan kambing.

Petugas yang datang menanyakan jumlah hewan kurban yang siap dijual saat idul adha
Para petugas langsung memeriksa satu persatu hewan di kandang mulai dari kondisi kulit, mata dan mulut.

Hal ini untuk mengantisipasi adanya penyakit yang mudah menular seperti LSD dan PMK yang saat ini masih ditemukan menyerang ternak. Petugas dinas peternakan bidang kesehatan hewan terus melakukan pemantauan dan sampling pemeriksaan terhadap ternak tersebut.

Sidak hewan kurban ini dilakukan untuk memastikan kesehatan hewan yang dijual terbebas dari penyakit dan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

"Kami melakukan pemeriksaan Antemortem yang akan dijual pada idul adha. Beberapa ada yang sakit, mungkin karena faktor transportasi, maka kami himbau untuk tidak dijual dulu kepada pembeli," ungkap drh.  Cendy Herdiawan, Kabid Keswan Disperta Bondowoso.


Selain kesehatan hewan, petugas juga memberikan disinfektan untuk menjaga kebersihan kandang sehingga sapi dan kambing  dipastikan aman dan daging layak konsumsi. 

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut