get app
inews
Aa Read Next : Bejat !! Pemilik Studio Foto Perkosa Siswi SMK Saat Prakerin

Keren !! Siswi SMKN 03 Bondowoso Ciptakan Dispenser Otomatis

Selasa, 06 Juni 2023 | 17:38 WIB
header img
Siswi SMK Saat Merakit Produk "DESTI" Dispenser Otomatis

Bondowoso, iNewsBondowoso.id-   Seorang Siswi SMKN 03 Bondowoso berhasil menciptakan dispenser otomatis. Berawal dI masa pandemi pihak sekolah membuat alat semprot disinfektan otomatis di gerbang sekolah. Dari hal inilah siswi tersebut  terinspirasi untuk membuat alat rumah tangga yang bisa membantu keperluan sehari hari.

Produk yang diberi nama DESTI (Dispenser Otomatis) ini untuk  memudahkan penggunanya  menuang air minum dari galon ke dalam gelas. Caranya mendekatkan gelas ke kran dispenser, secara otomatis dispenser akan mengisi air ke dalam gelas. Alat utama dari dispenser ini adalah sensor.

Alat ini terbilang hemat daya listrik karena hanya 5 Watt. Saat ini pihak sekolah terus memproduksi dispenser ini seiring banyaknya pemesan yang datang dari luar kota. Untuk harga dibanderol yaitu sekitar 112 Ribu Rupiah per unit.

"Awalnya saya disuruh untuk membuat produk inovasi dari hasil pembelajaran di sekolah. Dari situ saya kemudian membuat dispenser otomatis ini yang awalnya hanya prototype lalu kita kembangkan menjadi produk yang layak jual," ungkap  Desty  Putri Magfiroh.

Sementara itu  Kepala Sekolah SMKN 03  Bondowoso Anik Sudiartini mengaku, produk DESTI ini mampu melayani permintaan pasar se - Indonesia. Tak hanya bondowoso, Ratusan unit diluncurkan memenuhi pesanan.

Dengan Moto "Semangat Beli SMK" melalui teaching factory di setiap jurusan yang ada, diharapkan mampu membentuk siswa menjadi entrepreneur setelah lulus sekolah nanti.

"Awalnya kami selalu memotivasi para siswa untuk berkreasi dan produktif agar tereksplore bakat dan minatnya. Dengan begitu harapan kami para siswa bisa menjadi pengusaha,"Harapnya.

Selain menciptakan dispenser otomatis,  prestasi Desty Putri Maghfiro  lainnya yaitu lolos seleksi Sakura Science High School Program Tahun 2023, bersama 1 siswa lain se- Jawa timur. Desty yang  tercatat lulusan kelas jurusan teknik elektronika industri ini  berhak berangkat  ke jepang karena prestasinya. 

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut