get app
inews
Aa Read Next : Kebakaran Hanguskan Pohon dan Gudang Material di Bondowoso

Ratusan Pohon Akasia Dirusak, Diduga Akibat Rebutan Lahan

Rabu, 19 April 2023 | 14:01 WIB
header img
Pohon Akasia Milik Perhutani yang Dirusak OTK

Bondowoso, iNewsBondowoso.id-  Ratusan pohon akasia di lahan hutan Perhutani KPH Bondowoso di wilayah ijen, dirusak orang tak dikenal. Kasus ini telah dilaporkan ke Polsek setempat.

Inilah kondisi hutan di petak 90 D Blok Daleman di hutan ijen Kabupaten Bondowoso. Ratusan pohon jenis akasia arabica ini di potong seluruhnya tanpa tersisa. Bahkan hingga pohon yang berukuran kecil.

Kejadian tersebut dilakukan oleh orang tak dikenal sehingga perhutani melakukan pengecekan lapangan dan menghitung seluruh kerugian yang diderita. Alhasil seluruh pohon yang di tebang berjumlah 796 pohon arabika akasia.

Eni handayani, Wakil Adm KPH Bondowoso mengatakan pohon yang ditebang merupakan tanaman kayu yang bersifat multiguna. Pihak perhutani menduga perusakan tersebut untuk tanaman pertanian.

Sebelumnya di sekitar lokasi ini juga terjadi perebutan lahan antara warga dan sebuah perusahaan yang mengelola lahan. Bahkan akibat aksi perebutan tersebut warga melakukan blokade jalan masuk menuju lahan.

"Memang benar ada terjadi pengrusakan tanaman di kawasan Perhutani, saat ini sedang kami dalami untuk dilakukan proses pelaporan," ungkap Eni handayani.

Saat ini pihak perhutani masih menunggu hasil dari penyelidikan pihak Polsek Ijen.

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut